Salah satu fokus kami juga pelayanan kargo untuk 'e-commerce' karena ada Harbolnas dan libur Natal-Tahun Baru
Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Garuda Indonesia memberikan pelayanan khusus pada kargo untuk alokasi "e-commerce".

"Salah satu fokus kami juga pelayanan kargo untuk 'e-commerce' karena ada Harbolnas dan libur Natal-Tahun Baru," kata Pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia Joseph Dajoe K Tendean di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis.

Ia mengaku mendapat arahan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjaga opersional kargo pesawat, khususnya untuk perkembangan bisnis "e-commerce".

Selain itu, ia juga mendapatkan mandat untuk menjaga keandalan kargo Garuda Indonesia pada masa "peak season" seperti menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

Joseph juga menjelaskan, kargo Garuda Indonesia akan dikembangkan menjadi bisnis usaha yang lebih andal daripada sebelumnya.

Garuda Indonesia mengganti sejumlah direksi dengan Pelaksana Tugas dan Pelaksana Harian. Keempat pelaksana tugas harian tersebut adalah Capt Tumpal Manumpak Hutapea sebagai Pejabat Direktur Operasi, Mukhtaris sebagai Pejabat Direktur Teknik dan Layanan, Joseph Dajoe K Tendean sebagai Pejabat Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, dan Capt Aryaperwira Adileksana sebagai Pejabat Direktur Human Capital.

Keempat pelaksana tugas harian tersebut ditunjuk pelaksana tugas direksi yang ditetapkan Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai anggaran dasar perseroan dalam rangka menjaga kelangsungan operasional .

Sebelumnya, Fuad Rizal ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Operasi dan Pelaksana Tugas Direktur Teknik dan Layanan, di samping sebagai Plt Direktur Utama dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko sampai dengan penetapan secara definitif oleh rapat umum pemegang saham.

Sedangkan Pikri Ilham Kurniansyah sebagai Pelaksana Tugas Direktur Human Capital dan Pelaksana Tugas Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, di samping melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Niaga sampai dengan penetapan secara definitif oleh RUPS.

Penunjukan pelaksana tugas dan pelaksana tugas harian tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Dewan Komisaris Garuda dengan Menteri BUMN selaku pemegang saham Seri A Dwiwarna, sehingga dewan komisaris sesuai kewenangan dalam anggaran dasar perseroan telah menerbitkan Surat Keputusan Dewan Komisaris Garuda Indonesia tentang Pemberhentian Sementara Waktu Anggota-Anggota Direksi Garuda Indonesia pada Senin ini.

Para anggota direksi Garuda Indonesia yang diberhentikan itu adalah Bambang Adisurya Angkasa sebagai Direktur Operasi, Mohammad lqbal sebagai Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha, lwan Joeniarto sebagai Direktur Teknik dan Layanan, dan Heri Akhyar sebagai Direktur Human Capital.

Baca juga: Setelah direksi dicopot, Garuda berikan diskon 30 persen

Baca juga: Garuda Indonesia tunjuk empat pelaksana tugas harian

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019