Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Prof H M Nurdin Abdullah, dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Perhutanan Sosial di tahun 2019 ini.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis 28.

"Tentu ini adalah sebuah apresiasi Pemerintah Indonesia dalam rangka terus mendorong inovasi daerah. Semoga inovasi ini tidak hanya muncul di tingkat pemerintahan, tetapi seluruh elemen masyarakat, sampai lapisan masyarakat paling bawah," kata Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah.

Raihan tersebut merupakan sebuah prestasi mantan Bupati Bantaeng dua periode itu atas keberhasilannya di level kebijakan.

Sebelumnya, Sulsel dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah sudah berhasil meraih puluhan penghargaan. Dua bulan pertama sejak dilantik pada 5 September 2018 lalu, telah membawa Pemprov Sulsel meraih empat penghargaan dan Nurdin Abdullah sendiri meraih dua penghargaan.

Salah satu penghargaan terbaik yakni Laporan Keuangan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sulsel juga sebagai provinsi yang inovatif dalam pelayanan publik, dengan meraih Top 40 Inovasi Pelayanan Publik melalui Inovasi Sejuta Ikan. Serta penghargaan kelembagaan Berkinerja Utama dalam menguatkan SIDA (Sistem Inovasi Daerah 2018.

Sedangkan pada tahun 2019, dimulai pada ajang Penghargaan Indonesia Maju 2018-2019 sebagai Trend Setter Pembangunan dan Inovasi Daerah.

Di bidang kesetaraan dan keadilan gender, Sulsel meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2019 dan prestasi Pemerintah Tata Kelola Pelayanan dan Penanganan Kasus Terbaik Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Juga sebagai Provinsi dengan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Terbaik.

Di bidang pariwisata, dari Menteri Pariwisata, Sulsel meraih penghargaan sebagai Daerah Wisata Unggulan.

Pada ajang Penganugerahan Kepala Daerah dan BUMD Terbaik 2019, Sulsel meraih tiga penghargaan sekaligus. Yakni, Provinsi dengan Tingkat Perekonomian Terbaik, Provinsi Terbaik Kedua untuk Kondisi Keuangan Terbaik, dan Peringkat Ketiga untuk Provinsi Terbaik.

Baca juga: ACT Sulsel Ikut bantu padamkan kebakaran hutan lahan

Baca juga: LAPAN wilayah Sulsel: Terpantau ada 3.296 hotspot karhutla

Baca juga: Walhi Sulsel minta pemprov efektifkan tim pengendali karhutla


Di bulan Agustus, Provinsi Sulsel meraih Peringkat 1 Budhipura Provinsi Anugerah Iptek dan Inovasi 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Nurdin Abdullah di Denpasar Bali, 28 Agustus lalu. Sulsel berada di peringkat pertama, disusul Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sedangkan apresiasi terakhir yang diterima Pemprov Sulsel yakni penghargaan Kategori Pemprov Terpopuler di Media Online dari Penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2019, Banten.

Dibawah pemerintahannya, komitmen mendorong kolaborasi triple helix antara pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada untuk membangun kesejahteraan rakyat.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019