Para pedagang ada yang gulung tikar, dan takut menerima ikan dari nelayan
Medan (ANTARA) - Maraknya isu bangkai babi yang mencemari aliran sungai dan danau di Kota Medan, Sumatera Utara, membuat sebagian orang khususnya masyarakat Kota Medan dan sekitarnya enggan mengkonsumsi ikan.
 
Untuk mengatasi tersebut, para pedagang ikan di Kota Medan menggelar acara makan ikan gratis di Pajak Ikan Cemara Jalan Cemara Kecamatan Medan Timur, Senin.
 
"Acara ini untuk mengkampanyekan bahwa makan ikan itu sehat untuk masyarakat. Agar masyarakat tidak takut makan ikan. Karena sepinya orang belanja ikan, sangat berdampak buruk," kata Ketua Komunitas Pedagang Ikan Kota Medan, Amnomi.
Ia menyebutkan, akibat isu bangkai babi tersebut, berdampak terhadap menurunnya harga jual ikan. Para pedagang bahkan mengaku mengalami penurunan omset hingga 80 persen.
 
"Para pedagang ada yang gulung tikar, dan takut menerima ikan dari nelayan. Nelayan tidak melaut. Omset turun 80 persen, seluruh pedagang merasakannya," ujarnya.
 
Sebelumnya, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumatera Utara Zulfachri Siagian mengemukakan bahwa berdasarkan hasil uji laboratorium Balai Veteriner Medan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. ikan di wilayah Perairan Belawan layak untuk dikonsumsi.
 
"Hasil uji lab negatif, artinya ikan tidak terjangkit virus 'hog cholera' (kolera babi) dan aman untuk dimakan," katanya.
 
Dengan adanya hasil uji laboratorium tersebut, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak takut dan ragu lagi untuk mengonsumsi ikan di Perairan Belawan.

Baca juga: Pembuangan bangkai babi ke laut bikin warga Aceh takut konsumsi ikan

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019