Kami (PMI) merasa terhormat diberikan kepercayaan oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)  Regional Asia Pasifik yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia untuk melaksanakan kegiatan ini
Semarang, Jateng (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) ditunjuk menjadi tuan rumah dalam untuk kegiatan pelatihan untuk pelatih mengenai Enhanced Vulnerability and Capacity Assessment (EVCA) atau penguatan penilaian kapasitas dan kerentanan.

"Kami (PMI) merasa terhormat diberikan kepercayaan oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)  Regional Asia Pasifik yang berkantor di Kuala Lumpur, Malaysia untuk melaksanakan kegiatan ini," kata Pengurus Pusat PMI Letjen TNI (Purn) Sumarsono saat dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Pelatihan ini dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PMI Provinsi Jawa Tengah di Semarang yang diselenggarakan dari 20 hingga 30 November.

Pelatihan EVCA dibagi menjadi beberapa kegiatan seperti lima hari pelaksanaan di kelas dan sisanya melakukan penilaian (asesmen) di tiga wilayah kelurahan di Kota Semarang.

Menurutnya pelatihan ini penting untuk dilakukan dalam hal melakukan penilaian kapasitas dan kerentanan kepada masyarakat rawan dengan melibatkan berbagai pihak agar hasil yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan warga.

Selain itu,  PMI sebagai anggota dari perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah harus dapat memastikan pemenuhan kebutuhan, menghubungkan dan menemani masyarakat saat membutuhkan.

Pelatihan itu dihadiri 25 peserta negara-negara Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Asia Pasifik yakni Indonesia, Maladewa, Palau, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Myanmar, India, Mongolia, Srilangka, Timor Leste, Thailand, Pakistan, Afghanistan dan Filipina.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kapasitas dalam memberikan bantuan kemanusiaan di negaranya masing-masing khususnya Indonesia yang merupakan salah satu negara rawan terjadi bencana alam," kata Sumarsono.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Jateng yang juga pengurus PMI Jateng Sarwa Pramana, perwakilan dari Kepala IFRC Kantor Perwakilan Indonesia-Timor Leste Jan Gelfand dan Direktur IFRC Perwakilan wilayah Asia Pasifik Xavier Castellanos.


Baca juga: PMI menggelar pelatihan pembuatan hunian aman gempa

Baca juga: PMI gandeng VRI gelar pelatihan penyelamatan secara vertikal

Baca juga: Pastikan bantuan sampai, IFRC kunjungi korban gempa Lombok

Baca juga: Lokalatih diplomasi kemanusiaan PRB digelar PMI

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019