Ambon (ANTARA) - Gempa bumi tektonik pada 4 November 2019 kembali mengakibatkan tanah amblas (penurunan tanah) di desa Leinitu, Pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, meresahkan masyarakat karena sebelumnya juga terjadi pada 16 Juni 2012.

Kepala Desa Leinitu, Decky Tanasale , dihubungi dari Ambon, Jumat, membenarkan terjadinya kembali tanah amblas sekitar 75 CM dan 11 rumah terancam roboh.

Air laut terlihat di lubang amblasan dengan kedalaman lebih dari 100 meter.

"Saya sedang berada di Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah dalam rangka urusan dinas. Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Maluku Tengah telah meninjau lokasi tersebut," ujarnya.

Dia meminta tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung untuk melakukan penelitian sebagaimana peristiwa serupa pada 16 Juni 2012.

"Langkah ini harus segera dilakukan agar hasil penelitian tim dari PVMBG Bandung bisa meredakan keresahan masyarakat karena guncangan gempa susulan di Maluku hingga saat ini tercatat lebih dari 1.800 kali, " kata Decky.

Baca juga: Anies Baswedan akan tinjau tanah amblas di Pademangan

Baca juga: Tanah amblas, rumah warga roboh

Baca juga: Badan Geologi ungkap penyebab tanah amblas di Sukabumi


Sebelumnya, Staf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Salwan Palgunadi memastikan terjadi tanah amblas (penurunan tanah) di desa Leinitu dan Sila, pulau Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah pada 16 Juni 2012.

"Penurunan tanah terjadi karena tekstur tanah berupa bebatuan koral sehingga bila terjadi gempa tektonik membentuk rongga-rongga," kata Salwan.

Tanah amblas yang ditinjau di desa Leinitu dan Sila itu berdasarkan pengamatan mengakibatkan retak-retak yang melingkar.

"Jadi masyarakat jangan resah karena tidak berdampak pada terjadinya patahan besar, gelombang pasang (tsunami) maupun munculnya gunung api baru sebagaimana diisukan akhir-akhir ini," katanya.

Catatan Antara, tanah amblas di desa Leinitu berukuran 2 X 3 meter akibat gempa mengguncang Pulau Nusalaut sejak 1 Juni 2012 dan guncangan kuat pada 16 Juni 2012.

Akibat guncangan pada 16 Juni 2012 tanah terbelah, tiga unit rumah warga mengalami retak-retak dan talud penahan ombak patah.*

Baca juga: Tanah ambles muncul di Desa Bedoyo, Gunung Kidul

Baca juga: Lubang besar terjadi di jalanan Jepang, tidak ada korban luka

Baca juga: Jalur alternatif Sumedang-Garut amblas akibat pergerakan tanah

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019