Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengatakan Polri akan mengawal dan membantu terlaksananya program-program Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Tujuannya demi bersama-sama mewujudkan Indonesia aman dan tenteram.

"Institusi Polri kan mem-back up Bapak sepenuhnya. Kami akan memberikan pengamanan di manapun Bapak berada untuk kita sama-sama membawa NKRI aman, tenteram," kata Idham di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu, dalam upacara penyerahan Panji-panji Kepolisian Tribrata.

Baca juga: Mendagri Tito sebut saat jabat Kapolri berat tugasnya
 
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) dan Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (kanan) menjalani tradisi serah terima jabatan kapolri di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019). Jenderal Pol Idham Azis secara resmi menjabat Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang dipilih Presiden Jokowi sebagai Mendagri. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.


Pada Rabu, digelar upacara penyerahan panji-panji Kepolisian Tribrata dari Mendagri Tito Karnavian kepada Kapolri Jenderal Idham Azis, kemudian upacara pisah sambut Kapolri dan terakhir, tradisi pelepasan Jenderal (Purn) Tito Karnavian dari jabatan Kapolri ke Mendagri.

Penyerahan panji-panji Kepolisian Tribrata sebagai simbol beralihnya estafet kepemimpinan Polri dari Tito ke Idham.

Dalam kesempatan itu, Idham mengatakan pihaknya akan menjalankan tugas sebagai Kapolri dengan penuh tanggung jawab.

"Amanah ini merupakan tanggung jawab dan saya akan wakafkan diri saya selama 14 bulan ke depan untuk memberikan pengabdian terbaik kepada institusi Polri," katanya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menyatakan akan melanjutkan seluruh program yang telah dicanangkan pendahulunya, Tito Karnavian.

Ada tujuh program prioritas yang akan dilaksanakan Kapolri Idham kedepannya yakni mewujudkan SDM yang unggul, penataan kelembagaan, pemantapan harkamtibmas, penegakkan hukum yang profesional dan berkeadilan, manajemen media, penguatan sinergi polisional dan penguatan pengawasan.

Idham memiliki waktu 14 bulan memimpin Polri merealisasikan sejumlah program prioritasnya hingga masa pensiunnya tiba yakni Januari 2021.

Baca juga: Penyerahan panji Polri dari Tito ke Idham digelar hari ini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019