Jakarta (ANTARA) - Dalam lima tahun ke depan, Indonesia yang berada di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin meningkatkan kontribusi dan kepemimpinan di kawasan dan dunia.

“Lima tahun ke depan akan menjadi masa yang sibuk untuk diplomasi dan politik luar negeri Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Sejak Januari 2019 hingga akhir 2020, Indonesia menjalankan tugasnya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB.

Baca juga: Diplomasi ekonomi, prioritas pertama polugri Indonesia

Jika pada presidensi DK PBB Juni lalu, Indonesia menyoroti upaya pemeliharaan perdamaian dunia, pada 2020 keketuaan Indonesia akan berfokus pada upaya penanggulangan terorisme.

Selain itu, Indonesia akan menjalankan peran sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk periode 2020-2022.

Prioritas yang akan didorong Indonesia di Dewan HAM PBB adalah pemajuan dan perlindungan HAM di tingkat kawasan dan global, penguatan kemitraan yang sinergis dalam pelaksanaan rencana aksi nasional HAM 2020-2024.

Baca juga: Terpilih anggota Dewan HAM, Indonesia berjuang untuk keadilan sosial

Indonesia juga mendorong Dewan HAM PBB agar lebih efisien, efektif, objektif, transparan, adil, non-politis, dan imparsial, serta membuka dialog bagi semua pihak.

Sementara di kawasan, Indonesia akan menjalankan tugasnya sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

“ASEAN akan tetap menjadi saka guru politik luar negeri Indonesia,” kata Retno, yang kembali ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjalankan tugas sebagai menlu dalam periode kedua pemerintahannya.

Setelah negara-negara anggota ASEAN mengadopsi Pandangan tentang Indo-Pasifik (ASEAN Outlook on Indo-Pacific) dalam KTT ke-34 di Bangkok, Thailand, Juni lalu, Indonesia akan memastikan implementasi kerja sama itu berjalan.

Baca juga: Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik diyakini bantu pencapaian SDGs

Indonesia, kata Retno, juga berencana menjadi tuan rumah forum infrastruktur dan konektivitas ASEAN terkait Indo-Pasifik pada 2020.

Selain perannya di PBB dan ASEAN, Indonesia akan terus memajukan isu perempuan dalam upaya perdamaian serta diplomasi kemanusiaan untuk memberikan kontribusi konkret bagi penyelesaian berbagai masalah di kawasan maupun dunia.

Retno menegaskan bahwa Indonesia “selalu ingin menjadi bagian dari solusi” permasalahan seperti di Myanmar, Afghanistan, Palestina, juga pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), serta penyelesaian tata perilaku (Code of Conduct/COC) Laut China Selatan.

Baca juga: Menarik lawan jadi kawan dalam konsep Indo-Pasifik yang diperluas

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019