Denpasar (ANTARA) - Ribuan masyarakat Bali mengunjungi kapal latih tiang tinggi, KRI Bima Suci-946, yang sandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali sejak Rabu (23/10) hingga Sabtu (26/10), sehingga pengunjung tampak antre memasuki kapal latih bagi taruna AAL itu.

"Kapal latih yang berlayar untuk mendukung peran diplomasi maritim dengan tajuk "Maritime Fulcrum Brotherhood" untuk membangun persahabatan maritim dengan negara tetangga itu sandar di Bali sebelum bertolak ke Darwin, Australia," kata Kadispen Lantamal V Mayor Laut (KH) Rohman Arif.

Dalam keterangan resmi yang diterima (26/10), ia menjelaskan selama "Open Ship", kapal latih tiang tinggi bagi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang membawa Satgas KJK Taruna AAL tingkat III Angkatan ke-66 Tahun 2019 itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat Bali.

Terbukti, selama tiga hari sandar di Pelabuhan Benoa Bali, KRI Bima Suci-945 sekitar 700-1.000 pengunjung dari sekolah TK, SD, STLP dan SLTA serta masyarakat Bali dan turis berkunjung ke KRI Bima Suci itu.

Banyak dari pengunjung bertanya tentang KRI dan kegiatan Satuan Tugas (Satgas) KJK Taruna AAL tingkat III Angkatan ke-66 tahun 2019. Para pengunjung mengakui merasa senang bisa datang dan mengunjungi KRI Bima Suci, kapal latih milik TNI AL dan kebanggaan bangsa Indonesia.

Para pengunjung yang datang ke KRI Bima Suci dipandu oleh Taruna dan Taruni AAL tingkat III angkatan ke-66 yang menjelaskan tentang apa saja seputar KRI Bima Suci dan tentang peranan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL).

Kapal latih tiang tinggi itu telah berkunjung ke beberapa negara sahabat, seperti Filipina, Jepang, Korea Selatan, China, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Vietnam, dan Myanmar.

Pada Jumat (25/10), prajurit dan PNS Angkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V, melakukan olah raga bersama dengan Satgas Diplomasi Duta Bangsa KRI Bima Suci - 945 dan Satlat KJK Taruna AAL Tingkat III Angkatan ke - 66 tahun 2019 di Lapangan Apel Mako Lanal Denpasar, Bali.

Kegiatan itu dihadiri Wagub AAL, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta Ny. Nawangsari Endi Supardi, Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko bersama Ketua Cabang V Korcab 10 DJA II dan pengurus.

Baca juga: KRI Bima Suci tiba di Bali pasca kunjungi sembilan negara sahabat

Baca juga: KRI Bima Suci-945 lakukan lawatan ke Pulau Dewata pada 23-25 Oktober

Baca juga: KRI Bima Suci tiba di Batam

Baca juga: KRI Bima Suci bersandar di Thilawa, Myanmar

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019