Bantu warga Riau pascabencana karhutla, Tangerang kirim 17 sukarelawan

Bantu warga Riau pascabencana karhutla, Tangerang kirim 17 sukarelawan

Bupati Tangerang, Provinsi Banten, Ahmed Zaki Iskandar. (FOTO ANTARA/Adityawarman)

Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, mengirimkan sebanyak 17 tim sukarelawan untuk membantu warga di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Riau pascabencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Senin mengatakan pengiriman sukarelawan itu merupakan bentuk kepedulian kepada saudara yang terkena musibah.

"Kehadiran sukarelawan nantinya dapat meringankan beban mereka dan membantu dengan sepenuh hati dan sampaikan juga salam duka cita kami," katanya saat melepas sukarelawan di Aula Kecamatan Kelapa II, Kabupaten Tangerang.

Ia meminta para sukarelawan supaya menjaga kondisi kesehatan di sana karena pasti sangat menguras energi dan tenaga yang terbatas.

Dalam tim sukarelawan yang berangkat tersebut juga tergabung dalam Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang.

Mantan anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan segala kondisi di sana tentunya akan menyulitkan dan butuh semangat lebih dari sukarelawan.

Pihaknya berharap selalu melakukan koordinasi dengan aparat setempat di lokasi dan selalu memberikan informasi dan komunikasi dan selalu kompak.

Ia menambahkan semua kegiatan hendaknya direkam dan dicatat untuk bantuan yang dibutuhkan agar ke depan bisa mempersiapkan bantuan lebih maksimal.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja mengatakan, tim yang berangkat itu terdiri dari sukarelawan PMI, petugas medis Puskesmas Sepatan, aparat Diskominfo, dan petugas Bank BJB.

Menurut dia, tim sukarelawan yang berangkat ini akan melakukan aksi kemanusiaan untuk turut membantu para korban terpapar asap atau akibat kebakaran lainnya yang ada di Riau.

Soma mengatakan diharapkan para sukarelawan dapat menunjukkan rasa kepeduliaan untuk para korban bencana dan satukan diri dalam aksi kemanusiaan ini.

Tim sukarelawan yang berangkat ke Riau mulai 21-27 Oktober 2019 membawa aneka peralatan medis dan obat-obatan yang dibutuhkan. 

Baca juga: ACT berangkatkan 100 relawan dan 100 ton bantuan pangan ke Riau

Baca juga: Bantuan ditolak, Anies bersyukur karhutla Riau sudah bisa di atasi

Baca juga: Riau minta bantuan BNPB cegah karhutla meluas

 
Pewarta : Adityawarman(TGR)
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019