Istighatsah digelar di kantor DPD dan DPC-DPC se-Jatim
Surabaya (ANTARA) - DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggelar istighatsah serentak saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Istighatsah digelar di kantor DPD dan DPC-DPC se-Jatim," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Khusus yang diselenggarakan DPD, istighatsah digelar di halaman kantor PDIP Jatim di Jalan Raya Kendangsari Surabaya mulai pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Ribuan jamaah istighatsah kubro doakan Jokowi-Ma'ruf sukses bertugas

Menurut dia, istighatsah merupakan salah satu wujud doa bersama sekaligus bentuk ucap rasa syukur karena proses Pemilihan Presiden 2019 berjalan lancar.

Ia juga berharap Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin diberi kekuatan untuk menjadi pemimpin bangsa ini sehingga bisa membawa masyarakat Indonesia semakin sejahtera.

"Semoga bangsa ini juga selalu diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa," ucap politikus yang juga Ketua DPRD Jatim tersebut.

Baca juga: Ribuan orang istighatsah mendoakan keutuhan NKRI

Saat istighatsah, kata dia, diimbau kader dan masyarakat yang hadir mengenakan busana muslim dan tidak menggunakan atribut partai terlalu banyak karena niatnya adalah ibadah.

Sementara itu, tasyakuran dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden juga dilakukan beberapa relawan serta elemen masyarakat pada hari yang sama di sejumlah titik di Kota Surabaya.

Satu kegiatan di antaranya Parade Merah Putih untuk Indonesia Damai dengan menghadirkan penyanyi dangdut Nella Kharisma yang dimulai dari Jalan Bengawan hingga Jalan Polisi Istimewa mulai pukul 07.00 WIB.

Kemudian, tasyakuran dan nonton bareng pelantikan yang digelar elemen "Ksatria Airlangga" dan 'Alumni SMA Surabaya Bersatu" di kawasan Jalan Darmo Kali mulai pukul 12.00 WIB.

Berikutnya, kegiatan tasyakuran kebangsaan serta tumpengan yang tingginya tujuh meter dan lebarnya dua meter di Balai Pemuda Surabaya mulai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Ma'ruf Amin hadiri istighatsah pemilu damai di Pamekasan

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019