Kemarin, operasi bus Zhong Tong hingga rencana jalan berbayar

Kemarin, operasi bus Zhong Tong hingga rencana jalan berbayar

Kendaraan melintas di bawah papan informasi electronic road pricing (ERP) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan lelang proyek jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) karena harus melakukan kajian ulang terhadap seluruh dokumen yang ada usai mendapatkan opini hukum dari Kejaksaan Agung. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa menarik di wilayah Jakarta terjadi pada Jumat (18/10) disiarkan Antara dan mungkin masih dapat dibaca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. Bingkai foto presiden dan wapres dijual beragam versi di Jaksel

Dua hari menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Jumat, sejumlah pedagang bingkai telah menjual bingkai foto Jokowi dan Ma'ruf dengan berbagai versi.

Versi tersebut berbeda dari sisi gestur wajah, posisi foto hingga nama dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sedangkan foto Jokowi hampir sama.

Seperti pedagang bingkai Bunda Frame di Jalan Raya Pasar Minggu menjual bingkai foto Jokowi dan Ma'ruf dengan posisi tampak depan.

Baca selengkapnya disini

2. Zhong Tong Transjakarta beroperasi maksimal 200 kilometer per hari

Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) akan mengoperasikan bus Transjakarta produksi Zhong Tong maksimal 200 kilometer per hari.

"Normalnya bus ini beroperasi sekitar 200 kilometer per hari untuk mengoptimalkan kelaikan mesin," kata Senior Engineer Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), Rizky O di Jakarta, Jumat.

Ketentuan jarak tempuh tersebut bagian dari Standard Operating Procedur (SOP) perawatan mesin agar aman selama penggunaan di jalan.

Baca selengkapnya disini

3. Setiap bulan Polres Jaktim tangani 15 kasus penggelapan sewa mobil

Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur mencatat kasus penggelapan mobil rental di wilayah hukum setempat terjadi rata-rata 10-15 kasus setiap sebulan.

"Biasanya kita menangani 10 hingga 15 kasus per bulan. Awalnya dari sewa mobil, terus pelakunya menghilang," kata Kasat Reskrim Polrestro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo di Jakarta, Jumat.

Salah satu kasus penggelapan mobil rental dengan jumlah korban terbanyak diduga dilakukan seorang ibu rumah tangga, Djeni Herilewie (39).

Baca selengkapnya disini

4. DKI Jakarta terapkan jalan berbayar mulai tahun depan

DKI Jakarta akan mengimplementasikan skema jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) mulai 2020.

"Perlu dipahami kebijakan ganjil-genap merupakan kebijakan antara, tahun depan kita masuk ERP," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Blok F Balaikota DKI Jakarta, Jumat.

Meskipun saat sistem ganjil-genap sudah mengurangi tingkat kemacetan hampir 30 persen, namun sistem jalan berbayar akan lebih efektif untuk mengurangi volume kendaraan di Ibu Kota Jakarta ini.

Baca selengkapnya disini

5. Pelantikan presiden, polisi tangkap 22 orang rencanakan kerusuhan

Sebanyak 22 orang ditangkap oleh Sub Direktorat 4 Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya lantaran merencanakan teror dan kerusuhan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Sebanyak 22 orang ini adalah anggota komplotan yang dimotori oleh oknum dosen nonaktif Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bernama Abdul Basith (AB).

Kelompok ini merencanakan teror dan kerusuhan dengan menggunakan bom molotov dan bom rakitan dengan modus mendompleng unjuk rasa.

Baca selengkapnya disini
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019