Saya optimis, Expo 2020 Dubai dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya dari negara Timur Tengah maupun negara lainnya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan optimistis Paviliun Indonesia meraih sukses di Expo 2020 Dubai di Dubai, UniEmirat Arab, yang merupakan World Expo ke-34.

Expo 2020 Dubai yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Timur Tengah dan Afrika ini akan berlangsung selama 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021 di Dubai.

“Pemerintah Indonesia terus bersiap untuk mengikuti Expo 2020 Dubai. Dengan dukungan dan kerja sama berbagai pihak, kami sangat optimis terhadap kesuksesan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurut Dody, dana yang diperlukan untuk partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai bersumber dari dukungan sponsor dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca juga: Presiden ingin Paviliun Indonesia tampil futuristik di World Expo

Lima perusahaan yang tercatat menjadi sponsor yaitu PT Astra International Tbk, PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), dan Citarasa Prima (CRP) Group sebagai pengelola restoran (Warunk UpNormal).

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah meluncurkan Paviliun Indonesia di hari pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 pada 16 Oktober 2019 lalu.

Peluncuran ini, menurut Dody, membawa optimisme segenap pemangku kepentingan untuk bekerja optimal dan bersinergi menampilkan paviliun yang menggambarkan Indonesia di masa depan, Indonesia Emas 204.

Pada kesempatan tersebut, Wapres Jusuf Kalla juga membubuhkan tanda tangan pada papan digital sebagai tanda resmi keikutsertaan Indonesia dalam ajang Expo 2020 Dubai.

Baca juga: Persiapan Expo 2020 Dubai, pemerintah bangun Paviliun Indonesia

Selain itu, pemerintah Indonesia diwakili Dirjen PEN telah melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 9 September 2019 di Dubai.

“Hal tersebut merupakan capaian penting dalam tahap pembangunan Paviliun Indonesia pada Expo 2020 Dubai,” ungkap Dody.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA) Husin Bagis mengatakan, perkembangan pembangunan Paviliun Indonesia di Dubai terus berjalan.

“Setelah peletakan batu pertama 9 September lalu, pembangunan Paviliun Indonesia terus berjalan. Saya optimis, Expo 2020 Dubai dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya dari negara Timur Tengah maupun negara lainnya,” ujarnya.


Baca juga: Pemerintah bahas persiapan Dubai Expo
Baca juga: Indonesia bidik 2,5 juta pengunjung di Expo 2020 Dubai


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019