Manila (ANTARA) - Sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang Filipina selatan pada Rabu malam, menurut pihak berwenang, Kamis.

Gempa memutus jaringan listrik dan komunikasi serta menyebabkan retakan di sejumlah bangunan di Mindanao.

Dua orang tewas dan 18 orang lainnya terluka akibat longsor di Kota Magsaysay di Provinsi Davao del Sur, menurut juru bicara badan penanggulangan bencana nasional, Mark Timbal.

Bocah perempuan berusia 7 tahun tewas ketika dinding rumahnya ambruk, kata Reuel Limbungan, wali kota Tulunan di Provinsi Cotabato Utara.

Berdasarkan laporan badan tersebut sebanyak 27 orang terluka dan 15 bangunan rusak, termasuk pusat perbelanjaan, sekolah dan balai kota.

Gempa juga melanda Kota Davao, kampung halaman Presiden Rodrigo Duterte, yang menjadi salah satu kota paling padat penduduk di negara tersebut.

Gempa melanda 69 km utara Kota General Santos, Mindanao pukul 7:37 malam waktu setempat, demikian Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) dan berpusat di sekitar 80 km barat daya Kota Davao.

"Kami merasakan guncangan yang begitu kuat dan terjadi pemadaman. Saya melihat orang-orang berhamburan. Kami panik, mencari pintu keluar," kata Naru Guarda Cabaddu, yang mengunjungi Kota Kidapawan antara pusat gempa dan Kota Davao.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gempa 6,3 SR guncang Filipina Selatan
Baca juga: Gempa guncang Filipina selatan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019