Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta harus kehilangan lima pemain saat melawan Semen Padang pada laga pekan ke-22 Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Rabu (16/10) sore.

"Kita harus kehilangan lima pemain," kata pelatih Persija Edson Tavares pada konferensi pers pralaga di Stadion Patriot, Selasa.

Kelima pemain yang absen itu yakni Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, Rezaldi Hehanussa yang membela timnas senior, kemudian Rohit Chand karena membela timnas Nepal dalam ajang Pra Piala Dunia 2022, dan Feby Eka Putra karena harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23.

Menurut dia, absennya sejumlah pilar berdampak pada kesiapan tim dalam menjalani liga. Namun, ia menyoroti ketidaksesuaian jadwal kompetisi dengan agenda timnas yang menjadi permasalahan pesepakbolaan Indonesia dari tahun ke tahun.

"Inilah yang saya katakan, empat timnas dan satu di timnas Nepal. Ini masalah sepak bola Indonesia dari tahun ke tahun," katanya.

Baca juga: Pelatih Persija ingin beri kesan manis pada laga debut

Sebagai penggantinya, tim Macan Kemayoran menyiapkan pemain muda untuk menggantikan peran para pemain yang absen tersebut. Nama-nama seperti Al Hamra Hehanussa, Resky Fandi Witriawan, hingga Taufik Hidayat bisa menjadi opsi untuk pertandingan besok.

Meski begitu, ia akan melihat kondisi seluruh pemain jelang laga. Tavares hanya akan menurunkan pemain yang siap secara mental dan fisik serta menunjukan performa terbaik saat latihan.

"Saya harus menganalisis kapan pemain siap diturunkan, mereka harus menunjukkan yang terbaik. Itu yang paling penting," katanya.

Baca juga: Pelatih Semen Padang sebut laga lawan Persija pertandingan biasa

Laga melawan Semen Padang besok merupakan pertandingan debutnya menangani Persija. Ia datang pada akhir September menggantikan Julio Banuelos yang didepak manajemen.

Tavares mengaku akan memberikan yang terbaik di sisa laga kompetisi Liga 1 dan tentunya membawa Persija menjauh dari zona degradasi.

"Target adalah bisa bertahan di liga dengan situasi yang sulit. Saya akan mencoba untuk mengangkat tim dari situasi buruk," kata dia.

Baca juga: Semen Padang nilai pergantian pelatih Persija tak berpengaruh banyak

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019