Donggala gunakan Digital Media ANTARA promosikan sumber daya daerah

Donggala gunakan Digital Media ANTARA promosikan sumber daya daerah

Bupati Donggala, Kasman Lassa, Wakil Ketua DPRD Donggala, dan beberapa kepala OPD dan Kabag Protokoler dan Komunikasi, foto bersama dengan Tim ANTARA Digital Media usai memasang sistem layanan informasi dalam ruangan (indoor media), di ruang kerja bupati, Senin malam (14/10) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (Perum LKBN) ANTARA melalui Antara Digital Media kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghadirkan sistem layanan informasi publik berbasis digital (indoor dan outdoor media) di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, untuk membantu pemerintah setempat promosikan potensi dan sumber daya yang dimiliki daerah tersebut.

"Pemasangan sistem layanan informasi publik merupakan tindaklanjut dari kerja sama dua pihak yaitu Pemkab Donggala dan ANTARA," ucap Bagian Kerjasama ANTARA Digital Media, Reza, di Palu, Selasa.

Kehadiran sistem layanan informasi di Donggala, ditandai dengan pemasangan sistem layanan informasi publik untuk dalam ruangan (indoor media) atau TVC, yang pemasangan perdana berlangsung di ruang kerja Bupati Donggala, Kasman Lassa, Senin.

Baca juga: Pemkab Jembrana gandeng ANTARA dorong pertumbuhan ekonomi daerah

Pemasangan sistem itu, disaksikan langsung oleh Bupati Kasman Lassa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Donggala, Ta'rifin Masuara, Kepala Bagian Humas dan Protokoler, Selvy, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Donggala.

Di Donggala, ANTARA bersama Kominfo memasang sistem layanan informasi di tiga badan publik, yakni Kantor Bupati Donggala, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabelota Donggala.

Selain layanan informasi publik dalam ruangan (indoor media), ANTARA dan Kominfo juga akan memasang satu unit sistem layanan informasi luar ruangan (outdoor media) atau videotron di Anjungan Gonenggati Donggala.

Sistem layanan informasi publik untuk luar ruangan, ditunjang dengan satu layar digital berukuran 4 x 8.

Baca juga: Tiga Kabupaten di Sumsel-Jambi MoU layanan digital mediaANTARA

Tim ANTARA telah melakukan survei lokasi pemasangan layanan informasi publik luar ruangan. Suveri itu meliputi lokasi, listrik dan jaringan internet, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pemasangan.

Survei lokasi tersebut, dilakukan oleh tim ANTARA berdasarkan usulan lokasi dari Bupati Kasman Lassa, saat tim menemuinya di ruang kerja bupati.

Bupati Donggala Kasman Lassa, menyambut positif pemasangan sistem i-media tersebut. Pemasangan perdana sistem i-media di ruang kerja bupati, merupakan permintaan langsung dari Bupati Kasman Lassa.

Hal itu, untuk memudahkan dirinya mengontrol kinerja dan pelaksanaan program dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Donggala. Bupati juga meminta pemasangan sistem i-media untuk luar ruangan, ditempatkan di simpang empat Anjungan Gonenggati.

Baca juga: Uzbekistan-Antara Digital Media sepakati kerjasama promosi pariwisata

"Pasang alatnya di Anjungan, karena di situ tempat kuliner yang secara otomatis menjadi salah satu tempat tujuan masyarakat menikmati Donggala di sore hari," kata Kasman Lassa.

ANTARA Digital Media hadir untuk membantu pemerintah mempromosikan kegiatan penyelenggaraan pembangunan, transparansi anggaran dan serta promosi potensi sumber daya yang dimiliki seperti sektor pertanian, pariwisata, kehutanan, kelautan, jasa dan seterusnya.

Lewat sistem layanan informasi publik yang dimiliki ANTARA, semua kegiatan pemerintah dapat diakses oleh masyarakat diseluruh penjuru. Bahkan, lewat sistem tersebut, informasi mengenai pembangunan Donggala dapat diketahui oleh masyarakat diluar kabupaten Donggala secara nasional, bahkan manca negara.

Baca juga: Uzbekistan-NTB dan ANTARA sepakati kerja sama promosi pariwisata

ANTARA Digital Media, dalam sistem layanan publik memberikan informasi dalam bentuk vidio, foto dan teks, dalam satu layar.

ANTARA Digital Media merencanakan memasang 50 videotron untuk outdoor media di seluruh Indonesia pada tahun 2019, dan untuk tahun 2020 sebanyak 150 videotron.

Sementara untuk layanan informasi publik dalam ruangan (indoor media), ANTARA menargetkan memasang 350 TVC pada tahun 2019, dan tahun 2020 direncanakan sebanyak 470 TVC di seluruh Indonesia.

Di Sulawesi Tengah, daerah-daerah yang telah menggunakan sistem layanan informasi publik berbasis digital lewat Digital Media ANTARA yaitu Kabupaten Donggala, Tojo Una-una dan Kabupaten Poso. Kemudian, menyusul Kabupaten Sigi pada tahun 2019 ini.

Baca juga: Menkominfo minta ANTARA terus kembangkan kemampuan digital
Baca juga: Menkominfo harapkan Antara manfaatkan perkembangan digital

 
Bupati Donggala, Kasman Lassa, Wakil Ketua DPRD Donggala, dan beberapa kepala OPD dan Kabag Protokoler dan Komunikasi, menyaksikan tampilan sistem layanan informasi dalam ruangan (indoor media), milik ANTARA Digital Media kerjasama Kominfo, di ruang kerja bupati, Senin malam (14/10) (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Tim ANTARA Digital Media, foto bersama Bupati Donggala, Kasman Lassa, di ruang kerja bupati, Senin malam (14/10) (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019