Mataram (ANTARA) - Anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat akan merestorasi sungai sebagai bagian dari program Karya Bhakti Terpadu 2019.

Komandan Distrik Militer 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, di Lombok Barat, Senin menyebutkan, restorasi sungai dilakukan mulai dari Dusun Tanak Empat Timur, Tanak Embet Barat, Teloke Tengah, Teloke Lauk, dan Kekeran, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar.

"Karya Bhakti Terpadu tersebut kita laksanakan dalam dua kegiatan, yakni kegiatan fisik dan nonfisik," katanya dalam kegiatan sosialisasi restorasi sungai di kantor Desa Batulayar.

Kegiatan fisik, kata dia, berupa normalisasi sungai sepanjang satu kilometer dan pembuatan tanggul sepanjang 65 meter dengan ketinggian empat meter.

Untuk kegiatan nonfisik, lanjut Efrijon, meliputi penyuluhan, baik penyuluhan mengenai narkoba, wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan keluarga berencana dan penyuluhan tentang kebersihan lingkungan.

"Terkait program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Lombok Barat, tidak dilaksanakan tahun ini, hanya kita laksanakan Karya Bhakti Terpadu dalam bentuk kegiatan fisik dan nonfisik," ujarnya.

Baca juga: Dandim Lombok Tengah minta prajurit jangan sakiti hati rakyat

Baca juga: Pangdam beri penghormatan terakhir kepada Praka Anumerta Sirwandi


Ia berharap dengan dilaksanakannya restorasi sungai tersebut, masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) nantinya dapat memelihara lingkungan lebih baik lagi dan meningkatkan rasa memiliki.

"Melalui restorasi sungai, kita berharap jika terjadi hujan tidak menyebabkan banjir dan mengakibatkan kerugian bagi masyarakat. Karena kita tahu bersama bahwa daerah itu langganan banjir tiap tahun," ucap Efrijon.

Selain sungai di Desa Batulayar, kata dia, restorasi sungai juga dilakukan di Dusun Lemper, Desa Jagaraga, Kecamatan Kuripan.

Dusun Lemper dipilih menjadi lokasi restorasi karena setiap tahunnya mengalami banjir, baik disebabkan hujan lebat atau air kiriman dari Kabupaten Lombok Tengah.

Di lokasi tersebut, kata dia, akan dibuatkan beronjong sepanjang 62 meter dan menambah kedalaman sungai.

Selain itu, TNI juga mendorong pihak desa untuk membuat tempat pembuangan sampah sementara yang baik. Tujuannya agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai lagi.

"Karya bhakti terpadu juga ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk memelihara dan menjaga sungai dari perilaku hidup masyarakat yang kurang peduli terhadap keberlangsungan sungai," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Kabupaten Lombok Barat, I Made Artadhana menjelaskan kegiatan bhakti karya terpadu menjadi wujud dari sinergi dan integrasi dalam melaksanakan program karya bhakti ini.

Restorasi sungai akan tersinergi dan terintegrasi dengan beberapa pintu tugas, yaitu Dinas PUTR Kabupaten Lombok Barat, Balai Wilayah Sungai (BWS), Kodim 1606/Lobar, serta keterlibatan seluruh masyarakat di sekitar daerah aliran sungai.

"Ini merupakan kegiatan yang tersinergi dalam wadah karya bhakti dari TNI," ujar Made.*

Baca juga: Kodim1615/Lombok Timur tanam mangrove cegah abrasi pantai

Baca juga: Jenazah Pratu Sirwandi dievakuasi ke kampung halamannya di Lombok

Pewarta: Awaludin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019