Tiga RPTRA di Jakarta Utara ditarget rampung Desember

Tiga RPTRA di Jakarta Utara ditarget rampung Desember

Sejumlah anak-anak tengah bermain di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. ANTARA/Dea N. Zhafira/am.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Jakarta Utara menargetkan pembangunan tiga ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA) rampung di Desember 2019.

“Tiga RPTRA itu difokuskan pada pembangunan fasilitas gedung dan taman bermain anak,” kata Kasudin PRKP, Chairul Latif di Jakarta, Jumat.

RPTRA itu berada di Jalan Rorotan IV (area Rusun Rorotan), Jalan Rorotan VI RW 05 (dekat SMKN 4 Jakarta) dan Jalan Rorotan IX (dekat SMPN 200 Jakarta).

Baca juga: Pengunjung perpustakaan RPTRA Citra Permata meningkat

“Berdasar FGD di kelurahan, pembangunan direncanakan akan dimulai minggu ini dan rampung Desember,” ujarnya.

Chairul menjelaskan pembangunan RPTRA di Jakarta Utara menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2019. Pembangunan RPTRA di Kelurahan Rorotan dengan pertimbangan tersedianya lahan yang memadai.

Sistem informasi pengawasan dan evalausi APBD DKI Jakarta mencatat program pembangunan RPTRA menggunakan anggaran sebesar Rp14,99 miliar. Hingga awal Oktober 2019, anggaran itu baru terserap sebesar enam persen dari target 50 persen pembangunan fisik.

Baca juga: Sepetak ruang keceriaan di tengah himpitan pemukiman Jakarta

Lurah Rorotan Idham Mugabe mengatakan pembangunan RPTRA di wilayahnya memperbanyak ruang yang dapat digunakan warga lingkungan untuk berinteraksi.

Interaksi warga di ruang itu, dapat menurunkan tingkat konflik, meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat, menumbuhkan karakter kebersamaan sekaligus ruang bermain untuk anak.

Masing-masing RPTRA dibangun dengan luas sekitar 750 meter persegi. Sejumlah fasilitas yang akan dibangun meliputi gedung RPTRA, taman bermain anak, aula multifungsi, perpustakaan, lintasan jogging, toilet difabel, taman tanaman obat keluarga hingga lapangan futsal.

Baca juga: RPTRA Keuangan sediakan 800 paket pangan murah
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019