menjadi LPPI, maka SMI akan memiliki payung hukum yang lebih kuat
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mengaku siap untuk dialihkan menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI).

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad dalam Media Meet Up di Pulau Bidadari Jakarta, Jumat, menilai rencana tersebut akan berdampak positif untuk meningkatkan kepercayaan investor terhadap perseroan.

"Dari kesiapan, kami siap. Tapi kalau ada UU khusus (LPPI), cara pandang investor akan lebih yakin lagi (kepada kami). Terlebih karena ada Kementerian Keuangan di belakang kami yang memberi dukungan," katanya.

Baca juga: PT SMI biayai pembangunan jalan ibu kota baru sejak 2017

Edwin mengklaim saat ini perseroan di bawah Kementerian Keuangan itu telah memiliki kredibilitas tinggi dengan Peringkat AAA.

Meski saat ini berstatus Perseroan Terbatas (PT), dengan dukungan Kementerian Keuangan dan kinerja perusahaan yang baik, BUMN itu disebutnya memiliki fleksibilitas tinggi untuk memobilisasi dana masyarakat.

Namun demikian, dengan dialihkan menjadi LPPI, maka SMI akan memiliki payung hukum yang lebih kuat sebagai lembaga khusus yang mewakili pemerintah.

Kementerian Keuangan berencana menjadikan PT Sarana Multi Infrastruktur sebagai Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia.

Baca juga: SMI bukukan laba bersih Rp1,46 triliun hingga Triwulan III-2019

Meski fungsinya sama dengan SMI saat ini, namun cakupan sektor yang digarap LPPI nantinya tidak hanya meliputi pembiayaan pembangunan infrastruktur tapi juga sektor lain seperti industri, pertanian, dan maritim.

Pada Juli lalu, rancangan Undang-Undang (RUU) peralihan PT SMI sedang dalam tahap harmonisasi dan sudah masuk ke dalam Kerangka Regulasi Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) sejak diusulkan 2016 silam.

Pembentukan LPPI dianggap penting untuk memenuhi kebutuhan akan biaya pembangunan Indonesia.

Baca juga: Menkeu minta SMI dukung pembangunan daerah tertinggal

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019