Menpora Hanif Dhakiri lepas Kontingen World Beach Games 1

Menpora Hanif Dhakiri lepas Kontingen World Beach Games 1

Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Hanif Dhakiri (kanan) menyerahkan bendera Merah Putih ke Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Hellen Sarita de Lima (kiri) saat upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen World Beach Games 1 2019 di Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/10/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta (ANTARA) - Plt Menteri Pemuda dan Olahraga Hanif Dhakiri melepas Kontingen Indonesia yang akan mengikuti World Beach Games 1 di Doha, Qatar pada 12-16 Oktober mendatang.

“Ini jadi momentum Indonesia untuk mewujudkan prestasi olah raga pantai sekaligus untuk meningkatkan prestasi para atlet,” ujar Hanif saat acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen Indonesia pada World Beach Games di Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa.

Hanif menuturkan melalui ajang tersebut diharapkan para atlet dapat mengharumkan nama Indonesia di level internasional sekaligus mensosialisasikan Indonesia agar menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca juga: Kurang dana, San Diego gagal tuan rumah World Beach Games

Selain Hanif, turut hadir juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir yang sebelumnya melakukan pengukuhan kepada delegasi Indonesia yang berjumlah 16 orang itu. Tim Merah Putih yang pertama kalinya akan berpartisipasi dalam kejuaraan dunia olah raga pantai itu diharapkan dapat mencetak sejarah baru.

“Ini adalah event bersejarah karena pertama kalinya olah raga pantai diikuti secara internasional. Kontingen Indonesia harus buat sejarah,” tutur Erick.

Erick menyebutkan akan ada tiga cabang olahraga yang diikuti dalam turnamen tersebut antara lain basket putri (4 orang), karate (2 orang), dan voli pantai putra (6 orang), ditambah empat orang ofisial.

Baca juga: Agenda padat menanti Hanif Dhakiri usai gantikan Imam Nahrawi

Pada perhelatan World Beach Games 1 2019 itu, Ketum KOI Erick menargetkan satu medali emas dari cabang olahraga karate kata kategori putri atas nama Nawar Kautsar Matsura.

Adapun tim basket putri yang akan membela Indonesia terdiri atas Jovita Elizabeth, Dewa Ayu Made Sriartha, Dyah Lestari, dan Christie Apriyani. Sedangkan cabang karate akan menurunkan Nawar Kautsar dan Ahmad Zigi Zaresta. Voli pantai akan diikuti oleh enam orang yakni I Ketut Ardana, Gunawan Dewantoro, Yosie Aril Fimanda, Yogi Hermawan, Rendy Vergian Licardo, dan Tio Kesuma Sentosa.

Baca juga: Hadapi SEA Games 2019, voli pantai andalkan pemain senior
Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019