Jayapura (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dijadwalkan Selasa (8/10) melakukan kunjungan kerja atau kunker ke lima kota di Papua.

Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo, Senin mengatakan, kunker Panglima TNI dan Kapolri akan diawali di Timika, kemudian ke Wamena dan kembali ke Sentani.

Baca juga: Panglima TNI sebut 3.800 pengungsi di Wamena

Setibanya di pangkalan udara Silas Papare di Sentani, kedua petinggi TNI-Polri langsung ke Jayapura untuk melakukan pertemuan dengan Forkopimda.
Rabu (9/10) rombongan melanjutkan perjalanan ke Merauke dan langsung kembali ke Jakarta melalui Makassar, kata Tri Bowo.

Ketika ditanya evakuasi pengungsi dari Wamena, Dan Lanud Silas Papare mengaku sudah tidak lagi menerbangkan warga yang mengungsi karena situasi keamanan sudah kondusif.

Baca juga: Gatot: TNI-Polri jangan mau dibenturkan
Baca juga: HUT TNI, Gatot ajak prajurit introspeksi dan evaluasi diri


"Memang saat ini ada dua pesawat  Hercules yang beroperasi namun semua bukan untuk mengangkut pengungsi. Namun sebaliknya bila ada pengungsi yang ingin kembali ke Wamena. TNI-AU siap membantu dengan mengfasilitasi rencana tersebut, " kata Marsma TNI Tri Bowo.

Aksi demo yang berakhir rusuh di Wamena beberapa waktu lalu menyebabkan 32 orang meninggal, dan lebih dari seribu bangunan serta kendaraan dibakar serta dirusak.

Baca juga: Danbrig: Wamena dan Ilaga makin kondusif

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019