Saya memberikan apresiasi kepada seluruh anggota MPR RI periode 2019-2024 yang komit untuk menjaga persatuan dan marwah lembaga MPR RI, katanya
Jakarta (ANTARA) - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Jakarta Emrus Sihombing menyatakan bangga terhadap proses pemilihan ketua MPR RI periode 2019-2024 secara aklamasi.

"Proses pemilihan ketua MPR RI yang dilakukan secara musyawarah mufakat dan memilih ketua MPR secara aklamasi, menunjukkan para pimpinan fraksi di MPR RI berjiwa besar untuk bersama-sama menjaga marwah lembaga MPR RI," kata Emrus melalui telepon selulernya di Jakarta, Jumat.

Doktor komunikasi dari Universitas Pajajaran Bandung ini mengatakan, sebagai warga negara Indonesia (WNI) dirinya bangga dan gembira karena pemilihan ketua MPR RI dapat berlangsung secara mulus dan kondusif melalui proses musyawarah mufakat.

Infografis:
Pimpinan parlemen 2019-2024
Pimpinan parlemen 2019-2024

"Saya memberikan apresiasi kepada seluruh anggota MPR RI periode 2019-2024 yang komit untuk menjaga persatuan dan marwah lembaga MPR RI," katanya.

Baca juga: Bamsoet: MPR adalah rumah untuk mengamankan Pancasila

Menurut dia, MPR RI adalah lembaga permusyawaratan rakyat, sehingga substansinya pemilihan pimpinan di MPR RI adalah melalui proses musyawarah. "Sebagai lembaga permusyawaratan rakyat, marwah lembaga tersebut terletak pada makna musyawarah," katanya.

Pemilihan ketua melalui proses musyawarah mufakat, kata dia, dapat bermakna bahwa fraksi-fraksi di MPR RI maupun kelompok DPD di MPR RI dapat mempertimbangkan kepentingan yang lebih besar lagi yakni kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan politik partai, golongan, dan individu.

Baca juga: Bambang Soesatyo miliki total kekayaan Rp98 miliar

"Saya harapkan kerja-kerja konstitusi di MPR RI selama lima tahun ke depan dapat berjalan lancar, kondusif, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Emrus juga mengucapkan selamat kepada pimpinan MPR RI periode 2019-2014 yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar.

Baca juga: Rapat Paripurna tetapkan Bamsoet sebagai Ketua MPR

Kemudian kepada para wakil ketua MPR RI yakni, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani (Fraksi Parta Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Syarief Hasan (Fraksi Partai Demokrat), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), Zulkifli Hasan (Fraksi PAN), Arsul Sani (Fraksi PPP), serta Fadel Muhammad (Kelompok DPD RI).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019