Kami Papua, Kami Indonesia, Kami Cinta NKRI,
Sidoarjo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Jawa Timur, melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) setempat, mendeklarasikan cinta Papua dengan kegiatan senam bersama bertajuk "Senam Cinta Papua" yang berlangsung di Alun-alun Sidoarjo, Minggu.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, sebelum senam bersama terlebih dahulu diawali dengan pembacaan deklarasi Sidoarjo cinta Papua.

"Mari kita junjung Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia," sebutnya.

Baca juga: Siswa SMA 1 Rangkasbitung asal Papua gelar deklarasi Cinta Papua

Ia mengapresiasi atas terselenggaranya ini dan meminta kepada seluruh masyarakat untuk mempererat persatuan yang ada di masyarakat.

"Kami sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua. Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita Bangsa Indonesia. Semua satu dan punya hak yang sama tidak ada lagi diskriminasi," jelasnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Sidoarjo Cinta Papua dan mendukung sepenuhnya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Yosi Project Pop: Pagelaran budaya di Monas bentuk cinta kepada bangsa

"Pihak pengacau harus diselesaikan dengan baik dan kembalikan papua menjadi bagian dari nusantara, masyarakat papua adalah bagian dari Indonesia dan suku papua adalah suku kita juga. Jadi kita bhineka tunggal ika tapi tetap satu jua, akan kita tolak rasisme," terangnya.

Tidak kurang dari 800 peserta sangat antusias mengikuti senam Sajojo yang digelar sebagai bentuk kepedulian sesama anak bangsa. Senam semakin mengasyikkan dengan kehadiran instruktur salah satu putra Papua yang saat ini berstatus pelajar di Sidoarjo.

Di tengah peserta senam, puluhan siswa siswi asal bumi Cendrawasih itu mengajak para peserta bergembira, tersenyum sambil mengikuti irama dan gerakan senam.

"Kami Papua, Kami Indonesia, Kami Cinta NKRI," ucapnya.

Baca juga: Papua Terkini- Masyarakat Jatim deklarasi cinta Papua

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019