Angka kriminalitas di Sulbar alami penurunan

Angka kriminalitas di Sulbar alami penurunan

Kapolda Sulbar, Brigjend Baharuddin Djafar, di Mamuju, 28/9 (Antaranews/M Faisal Hanapi)

Mamuju (ANTARA) - Angka kasus kriminalitas yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengalami penurunan pada bulan Agustus 2019.

"Untuk analisa dan evalusi disimpulkan bahwa kriminalitas mengalami penurunan kasus dari 174 kasus pada Juli 2019 menjadi 169 kasus pada Agustus 2019 atau terjadi penurunan sekitar tiga persen," kata Kapolda Sulbar Brigjen Baharuddin Djafar, di Mamuju, Sabtu.
Baca juga: Polda Sulbar bentuk satgas penanganan kebakaran lahan

Ia mengatakan, kasus yang mengalami peningkatan pada bulan ini adalah kasus senjata api atau senjata tajam, yakni pada Juli tercatat nihil kasus dan pada bulan Agustus meningkat menjadi dua kasus.

"Tetapi untuk kasus lainnya menurun khususnya kasus narkoba dari 11 kasus di bulan Juli, menurun menjadi 8 kasus di bulan Agustus," ujarnya pula.
Baca juga: BNN Sulbar: narkoba merusak otak

Sedangkan kasus data pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan sebanyak 444 kasus, dari sekitar 1.210 kasus pada Juli 2016 naik menjadi 1.654 kasus di bulan Agustus 2019 atau naik sekitar 37 persen.

"Pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi masih dipengaruhi kurangnya kesadaran masyarakat tentang aturan berlalu lintas, kurangnya pemasangan dan perbaikan rambu-rambu lalu lintas, serta pemasangan tanda petunjuk rawan kecelakaan dan kondisi jalanan yang licin akibat curah hujan tinggi," ujar dia lagi.

Kapolda Sulbar itu menyampaikan, keamanan dan ketertiban masyarakat tercipta berkat partisipasi seluruh pihak, khususnya media massa yang selalu memberitakan keberhasilan Polri maupun situasi terkini di Sulbar sehingga menjadi perhatian di tengah masyarakat.
 
Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019