Sumur bor dibangun warga Baturaja untuk penuhi kebutuhan air bersih

Sumur bor dibangun warga Baturaja untuk penuhi kebutuhan air bersih

Ilustrasi pembuatan sumur bor. (Foto: Antara News)

Baturaja (ANTARA) - Sumur bor menjadi jalan terakhir bagi  warga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan  guna memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau panjang.

"Sejumlah warga di kelurahan kami berinisiatif membangun sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih selama musim kemarau," kata Lurah Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sugiono di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, selama ini dalam memenuhi kebutuhan air bersih sebagian besar warga memanfaatkan air Sungai Ogan dan distribusi air dari PDAM wilayah setempat.

"Namun, sejak kemarau panjang tahun ini air Sungai Ogan sudah mulai dangkal dan distribusi air dari PDAM juga tidak lancar lagi akibat kemarau. Terpaksa bangun sumur bor," katanya.

Baca juga: Kementerian ESDM bantu sumur bor di daerah kekeringan

Menurut dia, sebagian besar warganya berinisiatif membangun sumur bor dengan biaya urunan secara swadaya agar tidak memberatkan pengeluaran rumah tangga. 

"Biaya membangun sumur bor ini tidak sedikit sehingga warga membangunnya dengan cara patungan yang dibangun hanya di dua titik saja," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pada tahun ini pemerintah kelurahan setempat juga akan membangun sumur bor guna menambah sarana air bersih bagi masyarakat di wilayah itu.

"Dengan ditambahnya satu titik pembangunan sumur bor ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga kami," harapnya.

Baca juga: Walhi : Pemerintah perlu banguan sumur bor di Pasigala
Baca juga: Belu bangun 15 sumur bor untuk atasi kesulitan air bersih
Pewarta : Edo Purmana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019