Kemarin, kabut asap batalkan penerbangan sampai menpar ajak pebisnis

Kemarin, kabut asap batalkan penerbangan sampai menpar ajak pebisnis

Seorang calon penumpang mengenakan masker untuk mengurangi pengaruh asap di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat. ANTARA/Dedi/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kabut asap batalkan 29 penerbangan di Bandara Supadio, PPN importasi biji kakao akan dibebaskan, perlintasan kereta sebidang dengan lalu lintas tinggi akan ditutup, Menpar ajak pengusaha majukan wisata belanja hingga pemerintah fokus identifikasi penghalang investasi merupakan lima berita ekonomi pada Selasa (17/9) yang masih menarik untuk disimak.

1. Menpar ajak pengusaha majukan wisata belanja di Indonesia

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para pengusaha pariwisata agar turut serta memajukan wisata kuliner dan wisata belanja di Indonesia sekaligus untuk kunjungan menarik wisatawan mancanegara.

Dia menjelaskan bahwa kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif dengan 42 persen, yang kedua fesyen 18 persen, dan ketiga kriya 15 persen yang masuk dalam kategori belanja.

Simak berita selengkapnya di sini

2. Akibat kabut asap ada 29 penerbangan batal di Bandara Supadio

Akibat kabut asap yang masih mengganggu jarak pandang batas aman pilot mengakibatkan ada 29 penerbangan status batal di Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Selasa.

"Pembatalan penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan tersebut terjadi sejak pagi hingga pukul 16.00 WIB," ujar Manager of Airport Maintenance Bandara Internasional Supadio Pontianak, Bandang Dwisasono di Kubu Raya.

Simak berita selengkapnya di sini

3. Perlintasan kereta sebidang dengan lalu lintas tinggi akan ditutup

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menutup sejumlah perlintasan kereta sebidang dengan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang tinggi dan akan menggantinya dengan perlintasan kereta tidak sebidang.

"Apabila volume LHR perlintasan kereta sebidang itu di atas 2.500 kendaraan maka kami harus segera lakukan penutupan atau membuat perlintasan kereta tidak sebidang," ujar Direktur Keselamatan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zamrides di pelrintasan kereta sebidang Bukit Duri, Manggarai, Jakarta.

Simak berita selengkapnya di sini

4. Menperin usulkan pembebasan PPN importasi biji kakao

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membebaskan pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) importasi biji kakao, guna memenuhi kebutuhan bahan baku bagi industri pengolahan kakao, sekaligus memacu produktivitas dan daya saingnya.

Menperin optimistis jika dilakukan upaya pemenuhan kebutuhan bahan baku industri, diharapkan ke depannya utilisasi produksi industri pengolahan kakao dapat ditingkatkan sampai dengan 80 persen dengan potensi nilai ekspor menembus 1,38 miliar dolar AS.

Simak berita selengkapnya di sini

5. Menkeu: Pemerintah fokus identifikasi penghalang investasi

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah sedang fokus mengidentifikasi sejumlah hal yang menjadi penghalang dalam investasi untuk dimasukkan dalam rancangan omnibus law.

Menurut Menkeu, penghalang investasi itu di antaranya banyaknya perizinan di daerah termasuk proses menyeimbangkan perhatian terhadap lingkungan dan kecepatan investasi.

Simak berita selengkapnya di sini
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019