BPBD dirikan tenda di lokasi kebakaran di permukiman Badui

BPBD dirikan tenda di lokasi kebakaran di permukiman Badui

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mendirikan dua tenda di lokasi kebakaran di permukiman masyarakat Badui Luar di Kampung Kadugede Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar.

Lebak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mendirikan dua tenda di lokasi kebakaran di permukiman masyarakat Badui Luar di Kampung Kadugede Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar.

"Kami berharap warga Badui korban kebakaran bisa tinggal di tenda pengungsian," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Jumat.

Pemasangan dua tenda tersebut bisa menampung warga Badui yang menjadi korban bencana kebakaran.

BPBD bergerak cepat untuk penanggulangan kebakaran di Badui dengan menyalurkan aneka makanan juga kebutuhan pokok. Selain itu juga menyalurkan bantuan peralatan dapur dan tikar.

Baca juga: Kebakaran hanguskan 50 rumah di permukiman Badui

Baca juga: Fatayat NU Lebak kutuk pembunuhan dan pemerkosaan gadis Badui


Masyarakat Badui yang tinggal di tenda pengungsian juga mendapat jaminan makanan siap saji.

Mereka juga menerima pelayanan kesehatan agar tidak mudah terserang berbagai penyakit menular, terlebih saat musim kemarau.

"Kami mengutamakan penanganan pascabencana guna mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerawanan pangan," katanya menjelaskan.

Masyarakat Badui Luar yang menjadi korban kebakaran di Kampung Kadugede Desa Kanekes tercatat 160 jiwa dari 58 kepala keluarga serta 34 rumah juga beberapa leuit atau gudang hangus.

BPBD setempat memberikan jaminan logistik dalam jumlah yang relatif aman dan mencukupi hingga dua bulan ke depan.

Saat ini, stok logistik kebencanaan berada di gudang BPBD setempat dalam kondisi baik dan higienes. "Kami menjamin persediaan logistik untuk korban bencana relatif aman dan cukup," katanya.

Kepala adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Jaro Saija mengatakan sangat berterima kasih atas cepatnya penyaluran bantuan dari BPBD setempat, sehingga korban kebakaran terpenuhi kebutuhan pangan.

Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. "Kami dan warga korban kebakaran merasa lega setelah adanya bantuan dari BPBD itu," katanya.*

Baca juga: Gadis Badui dibunuh, aktivis perempuan Muslim kecam pelaku

Baca juga: MUI nilai pembunuh dan pemerkosa gadis Badui seperti "binatang"
Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019