Pangdam Cenderawasih: Dua hercules disiapkan angkut mahasiswa Papua

Pangdam Cenderawasih: Dua hercules disiapkan angkut mahasiswa Papua

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring. ANTARA/Evarukdijati/am.

Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring mengatakan, Mabes TNI saat ini menyiapkan dua hercules untuk mengangkut mahasiswa Papua yang ingin kembali ke kota tempat mereka kuliah.

Dua hercules itu saat ini sudah berada di Biak, dan siap digerakkan ke berbagai kota di Papua, aku Mayjen TNI Sembiring seusai menghadiri pertemuan dengan forkopimda yang difasilitasi Kapolda Papua di Jayapura, Rabu.

Baca juga: Pemkab Puncak gelar pemulihan trauma mahasiswa pascakasus rasisme

Pertemuan yang dikemas dalam acara “coffee morning” itu terkait pemulangan mahasiswa asal Papua dihadiri Gubernur Papua Lukas Enembe.

Mantan Kasdam Siliwangi mengatakan, pesawat bantuan Mabes TNI itu siap diterbangkan kapan saja sesuai kebutuhan karena keberadaannya memang untuk mengangkut mahasiswa yang saat ini pulang ke berbagai kota di Papua.

Bila mereka ingin kembali ke kota tempat mereka kuliah, TNI siap membantu bahkan para mahasiswa tidak perlu ke Jayapura karena hercules tersebut akan mendatangi kota-kota tempat mereka berada saat ini dan menerbangkannya.

Baca juga: Pesan damai dari mahasiswa Papua di Kalsel

“Kami masih menunggu informasi lanjutan tentang berapa banyak yang ingin kembali dan kota yang dituju,” aku Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Sembiring.

Hingga Selasa (10/9) tercatat 1.037 mahasiswa asal Papua dari berbagai kota di Indonesia sudah kembali. Dari jumlah tersebut terbanyak berasal dari Manado, menyusul Jakarta, Surabaya dan beberapa kota lainnya di P.Jawa.

Baca juga: Papua terkini - Pemkab Supiori imbau mahasiswa fokus selesaikan studi
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019