Hasil Grup F, Spanyol jaga kesempurnaan, Rumania naik peringkat ketiga

Hasil Grup F, Spanyol jaga kesempurnaan, Rumania naik peringkat ketiga

Penyerang tim nasional Spanyol Rodrigo Moreno (tengah) merayakan golnya ke gawang Kepulauan Faroe bersama rekan-rekannya Thiago Alcantara (kiri) dan Jose Gaya (kanan) dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion El Molinon, Gijon, Spanyol, Minggu (8/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Eloy Alonso)

Jakarta (ANTARA) - Spanyol menjaga kesempurnaan mereka dengan mengalahkan Kepulauan Faroe dalam laga keenam di Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020 sementara Rumania naik ke peringkat ketiga klasemen usai menang atas Malta pada Minggu setempat (Senin WIB).

La Furia Roja yang menjamu Faroe di Stadion El Molinon, Gijon, berhasil membukukan kemenangan telak berkat dwigol yang dibukukan Rodrigo Moreno dan Paco Alcacer.

Baca juga: Spanyol pecundangi Rumania di Bucharest demi jaga catatan sempurna

Spanyol yang tampil ultradominan sepanjang laga membuka keunggulan pada menit ke-13 lewat gol Rodrigo yang dengan mudah menyarangkan bola ke gawang tak bertuan setelah menerima umpan sodoran dari Mikel Oyarzabal yang sukses mengecoh kiper Gunnar Nielsen.

Penyerang Valencia itu lantas menggandakan keunggulan Spanyol pada menit ke-50 lewat tembakan melengkungnya.

Faroe yang terus di bawah tekanan sempat memperoleh peluang pada menit ke-74 saat Joannes Bjartalid tiba-tiba merangsek ke dalam kotak penalti, sayang tembakannya dihalau oleh kiper David de Gea menggunakan kakinya.

Alcacer yang baru masuk pada menit ke-61 lantas mencetak dua gol dalam kurun waktu tiga menit untuk melengkapi kemenangan Spanyol menjadi 4-0. Gol pertamanya lahir pada menit ke-89 mengakhiri kerja sama umpan satu dua sentuhan dengan Thiago Alcantara, lantas tiga menit berselang ia menanduk umpan silang Jose Gaya.

Baca juga: Sergio Ramos dianggap "role model" oleh Spanyol

Hasil itu jadi kemenangan keenam dalam enam pertandingan yang sudah dijalani Spanyol, membuat posisi mereka kian kokoh di puncak klasemen Grup F dengan koleksi 18 poin.

Spanyol unggul jauh dari Swedia (11) yang di laga lain hanya bermain imbang 1-1 melawan Norwegia (9).
 
Ekspresi penyerang tim nasional Spanyol Paco Alcacer saat peluangnya digagalkan dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Rumania di Stadion Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Kamis (5/9/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Stoyan Nenov)


Rumania menang, Swedia vs Norwegia imbang

Rumania yang tampil dalam laga lebih awal berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 atas tamunya Malta di Stadion Ilie Oana, Pioesti.

Sebuah gol dari situasi sepak pojok tercipta pada saat babak kedua baru berjalan dua menit lewat tandukan George Puscas.

Hasil itu sukses mengangkat posisi Rumania ke urutan ketiga dengan koleksi 10 poin, sementara Malta (3) tertahan di posisi kelima.

Sementara itu di Stockholm, Swedia tertinggal lebih dulu dari Norwegia tepat pada pengujung babak pertama akibat gol Stefan Johansen menyelesaikan umpan dari Martin Odegaard.

Namun, Swedia menyamakan kedudukan pada menit ke-60 melalui gol Emil Forsberg. Skor 1-1 bertahan kendati kedua tim terlibat saling serang hingga akhir laga.

Hasil tersebut tak mempengaruhi posisi Swedia yang tetap di urutan kedua dengan koleksi 11 poin, namun Norwegia (9) harus rela digusur oleh Rumania (10) ke peringkat keempat.

Baca juga: Hasil Grup D, Swiss lumat Gibraltar, Denmark ditahan imbang Georgia

Baca juga: Mkhitaryan dua gol satu assist, Armenia bekuk Bosnia 4-2

Berikut hasil pertandingan Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan keenam (tuan rumah disebut pertama):

Grup F - Rumania 1 - Malta 0 (George Puscas 47')
Grup F - Spanyol 4 - Kepulauan Faroe 0 (Rodrigo Moreno 13', 50', Paco Alcacer 89', 90+2')
Grup F - Swedia 1 - Norwegia 1 (Emil Forsberg 60'; Stefan Johansen 45')

Klasemen Grup D
 TimMMIKGolP
1Spanyol660017-318
2Swedia632113-811
3Rumania631213-710
4Norwegia623111-89
5Malta61052-133
6Kep. Faroe60063-200
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019