Dubes Rumania bantu pasarkan lada putih dan gaharu di Eropa

Dubes Rumania bantu pasarkan lada putih dan gaharu di Eropa

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abul Fatah menerima kunjungan romobongan Duta Besar Indonesia untuk Rumania di Pangkalpinang, Sabtu (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkal Pinang (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Rumania menyatakan siap membantu dan memfasilitasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk memasarkan lada putih dan gaharu di negara-negara Eropa dan Eropa Timur.

"Banyak sekali peluang bisnis di Eropa, karena negara-negara di benua tersebut itu sangat menyukai hasil pertanian dan perkebunan dari daerah tropis," kata Dubes Indonesia untuk Negara Rumania M Amhar Azeth di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.

Ia mengatakan Kepulauan Bangka Belitung merupakan daerah penghasil lada putih dan gaharu dan negara-negara di Eropa sangat menyukai lada putih. Tinggal menghubungkan antara pelaku bisnis di kepulauan tersebut dengan buyers yang ada di negara Eropa, khususnya di Rumania.

"Kami mencoba memprakasai pertemuan dengan pemda supaya para gubernur dan pengusaha atau pelaku bisnis di Sumatera ini mengerti mengenai jalur pangsa pasar negara tujuan," katanya.

Ia berkeinginan memasarkan produk dan komoditas khas Bangka Belitung ke negara Ukraina atau negara lain di Eropa, dan siap memfasilitasi dan menjembatani pertemuan dengan pihak Kedubes Indonesia di negara tersebut.

"Itulah tujuan kami datang ke Babel dan ini kunjungan kami ke-8 dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera," ujar Amhar Azeth.

Ia mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menyikapi rencana pemerintah pusat melalui Kedubes, dalam mendukung kebijakan ekonomi, khususnya dalam memperluas pangsa pasar ekspor negara Indonesia.

"Respons pemerintah provinsi dalam hal ini Wakil Gubernur yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung serta para pengusaha sangat bagus sekali dan sangat antusias," ujarnya.
Pewarta : Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019