PT Timah berikan beasiswa studi pertambangan kepada pelajar Babel

PT Timah berikan beasiswa studi pertambangan kepada pelajar Babel

PT Timah Tbk melepas para penerima  beasiswa untuk mengikuti pendidikan di Akademi Komunitas Industri Pertambangan (Akipba) Bukit Asam di Pangkalpinang, Jumat. (Babel.antaranews.com/Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk memberikan beasiswa kepada 11 pelajar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti pendidikan di Akademi Komunitas Industri Pertambangan (Akipba) Bukit Asam.

Pemberian beasiswa itu sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam menyiapkan generasi berwawasan pertambangan yang berkompetensi global.

"Para penerima beasiswa Akipba ini akan mengenyam pendidikan selama satu tahun di kampus yang didirikan oleh Holding Pertambangan Indonesia," kata Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk, Muhammad Rizki melepas para penerima beasiswa di Pangkalpinang, Jumat.

Baca juga: Pemprov Babel ajukan tambahan 10 persen kepemilikan saham di PT Timah

Ia mengatakan program beasiswa jenjang D1 ini merupakan tahun kedua. Sebelumnya PT Timah telah mengiirimkan 15 siswa untuk mengenyam pendidikan yang bergabung dengan penerima beasiswa lainnya dari tiga perusahaan holding pertambangan lainnya. Pusat Pendidikan dilaksanakan di PT Bukit Asam.

"Kami berharap para penerima beasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan memiliki wawasan dan kompetensi global," ujarnya.

Menurut dia, perusahaan pertambangan sangat beragam dengan berbagai bidang sehingga dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi global. Oleh karena itu, para alumni Akipba ini dapat terserap di industri kerja global.

"Harus berpikir dunia ini luas, ilmunnya boleh saja diambil di Tanjung Enim, tetapi jangan pernah ilmu yang didapatkan akan diimplementasikan di situ saja, harus berpikir bisa diterapkan di Aceh, atau bahkan luar negeri karena sekarang PT Timah sedang mengembangkan pertambangan di Nigeria dan Laos," katanya.

Ia mengingatkan para penerima beasiswa untuk tetap menjaga kekompakan, bekerja sama dan saling membantu. Tidak kalah penting dari itu, para penerima beasiswa harus menjaga sikap dan perilaku sebagai orang Babel.

Baca juga: Gubernur Babel resmikan bursa fisik timah PT BBJ dan KBI

"Belajar semaksimal mungkin, pupuk kebersamaan dan jaga attitude. Saling membantu dan harus siap dengan apa yang dihadapi dan meminta doa dan restu orang tua, dan jangan lupa doakan PT Timah juga. Do your best," pesannya.

Salah satu penerima beasiswa, Ahmad Darmawan mengatakan dirinya sangat bangga bisa mendapatkan beasiswa ini, bahkan dirinya rela melepaskan pendidikan di Polman yang telah dijalaninya.

Pelajar dari SMKN 1 Muntok ini meyakini program itu sangat bermanfaat dan berbeda dari yang lainnya. Nantinya mereka akan lebih banyak mendapatkan praktik dan kurikulum yang diberikan sesuai dengan kebutuhan industri.

"Saya bersyukur setelah melewati banyak tes, akhirnya bisa terpilih. Saya yakin dengan beasiswa ini materi dna ilmu yang saya dapatkan akan semakin banyak, apalagi nantinya akan lebih banyak praktek, Terimakasih PT Timah kesempatan ini," katanya.

Akipba merupakan institusi pendidikan yang dibentuk Holding Pertambangan Indonesia, sebagai bentuk kontribusi dalam pendidikan, sekaligus untuk mendapatkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan di bidang pertambangan yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan.

Ada tiga jurusan yang dibuka dalam institusi pendidikan ini, yakni pengoperasian alat tambang, pengolahan hasil tambang dan perawatan alat tambang. 

Baca juga: Tiga BUMN berangkatkan 23 siswa Babel mengenal nusantara
 
Pewarta : Aprionis
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019