Mensos hadiri promosi doktor hukum pamannya berusia 77 tahun

Mensos hadiri promosi doktor hukum pamannya berusia 77 tahun

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri ujian terbuka promosi doktor hukum pamannya, Agus Gurlaya Kartasasmita, di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Kamis, (5/9/2019). ANTARA/Boyke Ledy Watra

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri ujian terbuka promosi doktor hukum pamannya, Agus Gurlaya Kartasasmita, yang sudah berusia 77 tahun, di Universitas Tarumanagara, Kamis.

"Sederhana, tanggapan saya hanya satu kalimat, tidak ada kata terlambat untuk belajar," kata Mensos Agus Gumiwang di Jakarta, Kamis

Menimba ilmu, menurut dia, juga tidak memiliki batasan waktu karena hal itu guna untuk menyempurnakan pengalaman dan pengetahuan dalam menghadapi berbagai tantangan membangun bangsa.

Agus Gurlaya Kartasasmita yang telah berumur 77 tahun itu menyelesaikan program doktoral hukumnya dengan predikat sangat memuaskan.

Baca juga: Oesman Sapta apresiasi ujian doktor yang terbuka

Paman Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita itu, memfokuskan disertasinya soal kepastian hukum dalam proses arbitrase sebagai forum penyelesaian sengketa bisnis di Indonesia.

"Seharusnya arbitrase sifatnya final seperti diatur undang-undang, tetapi entah kenapa pengadilan selalu memeriksa lagi keputusan itu, pembatalan sesuai undang-undang hanya diperbolehkan kalau putusan arbitrase itu palsu, ada yang disembunyikan atau hasil tipu muslihat," kata Agus Gurlaya.

Ia mengharapkan hasil penelitian itu, bisa memberikan pengembangan ilmu hukum arbitrase guna menciptakan kepastian hukum dalam penyelesaian sengketa di Indonesia pada masa mendatang.

Kepastian hukum, kata dia, akan memberikan stimulasi yang positif untuk pertumbuhan perekonomian nasional.

Selain itu, kata dia, akan menempatkan Indonesia yang dikategorikan ramah terhadap abitrase.

Baca juga: Analis: Naskah akademik menentukan kualitas undang-undang
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019