Jakarta (ANTARA) - Dalam momentum perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, KBRI Dar es Salaam bekerja sama dengan Pusat Hubungan Internasional (CFR) Tanzania-Mozambik meluncurkan Kursus Bahasa Indonesia yang pertama kali dibuka untuk publik di negara tersebut.

Peluncuran kursus tersebut pada 13 Agustus 2019 dihadiri Direktur CFR Dr. Jeremia Ponera, para calon murid Kursus Bahasa Indonesia, serta awak media cetak dan elektronik setempat.

Dalam sambutannya seperti disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu, Duta Besar RI untuk Tanzania Ratlan Pardede menyatakan bahwa pembukaan kursus tersebut merupakan tonggak sejarah dalam kerja sama bilateral RI-Tanzania yang sudah terjalin sejak 1964, yang akan meningkatkan kerja sama antarmasyarakat kedua negara.

Pembukaan Kursus Bahasa Indonesia diharapkan bisa meningkatkan minat para pelajar Tanzania untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia, serta membuka peluang kerja sama lain di berbagai bidang.

Baca juga: Budaya Indonesia diperkenalkan di Tanzania

Sementara itu, Direktur CFR Dr. Jeremia Ponera meminta masyarakat Tanzania agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, mengingat Indonesia merupakan negara besar dan mempelajari Bahasa Indonesia akan membuka banyak kesempatan.

Kursus Bahasa Indonesia akan dimulai pada 24 Agustus 2019. Tenaga pengajarnya adalah para pemuda setempat yang merupakan alumni penerima beasiswa Indonesia.

Guna memastikan kualitas tenaga pengajar, sebelumnya pada Juli 2019, KBRI Dar es Salaam bekerja sama dengan Wisma Bahasa Indonesia telah menyelenggarakan pelatihan bagi para pengajar (training of trainer) selama sebulan penuh.

Tidak berhenti sampai di situ, semarak HUT ke-74 Kemerdekaan RI berlanjut dengan sejumlah kegiatan dan puncaknya upacara bendera yang dilangsungkan di Wisma Duta Besar RI di Dar es Salaam pada Sabtu (17/8).
Suasana perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di KBRI Dar es Salaam, Tanzania, Sabtu (17/8/2019). (KBRI Dar es Salaam)


Upacara tersebut dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, acara kesenian, pembagian hadiah pertandingan, dan ramah-tamah.

Setelah sebulan lebih berlatih, para WNI dan masyarakat Tanzania turut berpartisipasi meramaikan acara dengan menampilkan musik angklung serta tari Tor-Tor.

Dalam sambutannya, sejalan dengan tema HUT ke-74 RI yakni “SDM Unggul Indonesia Maju” Dubes Ratlan menegaskan pentingnya komunitas WNI untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memiliki SDM yang unggul dan mampu bersaing di tingkat global.

Baca juga: Model bertani Indonesia tingkatkan produksi padi Tanzania

“Untuk itulah, kita sebagai perwakilan dari bangsa dan negara Republik Indonesia di Dar es Salaam, mari tunjukkan kecintaan kita kepada Indonesia. Kita tunjukkan bahwa kita mampu bersaing dari sisi ilmu pengetahuan, keahlian, dan terutama dari sisi martabat atau karakter," ujar Dubes Ratlan.

Rangkaian perayaan hari kemerdekaan RI ini merupakan bagian dari program pembinaan dan pemberdayaan WNI di negara akreditasi serta peningkatan hubungan antar masyarakat RI dan Tanzania.

KBRI Dar es Salaam akan terus meningkatkan hubungan antarmasyarakat (people to people connection), guna mendukung upaya penguatan hubungan antara RI dan negara-negara akreditasi yaitu Tanzania, Burundi, Rwanda, dan Uni Komoro.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019