Petugas Stasiun Jember gunakan pakaian pejuang peringati HUT RI

Petugas Stasiun Jember gunakan pakaian pejuang peringati HUT RI

Sejumlah petugas KAI menggunakan pakaian pejuang saat melayani penumpang di Stasiun Jember, Jawa Timur, Sabtu (19/8) (Foto Humas Daop 9 Jember)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sejumlah petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang berada di beberapa stasiun wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, Sabtu, menggunakan pakaian pejuang untuk melayani para penumpang dalam rangka memperingati HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Petugas yang menggunakan kostum pejuang tersebut antara lain petugas customer service, loket, boarding dan announcer stasiun," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Stasiun Jember.

Menurutnya, petugas yang menggunakan pakaian pejuang dalam melayani penumpang tidak hanya di Stasiun Jember, tetapi juga di stasiun wilayah Daop 9 lainnya, seperti Stasiun Banyuwangi baru, Stasiun Karangasem dan juga Stasiun Probolinggo.

"Selain menggunakan busana pejuang, PT KAI Daop 9 Jember juga menghias pintu masuk Stasiun Jember dan Stasiun Banyuwangi dengan logo HUT ke-74 kemerdekaan RI dan desain dekoratif dengan nuansa kemerdekaan," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, penumpang di seluruh rangkaian kereta api di wilayah Daop 9 Jember menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh kondektur pada saat detik-detik proklamasi.

"Tepat pukul 10.00 WIB, seluruh penumpang di atas kereta api di wilayah Daop 9 Jember berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hal tersebut sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang telah gugur di medan perang untuk merebut kemerdekaan Indonesia," katanya.

Pantauan di lapangan, seluruh penumpang KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat sebagai bentuk rasa nasionalisme, bahkan para penumpang antusias menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia itu.

Sementara itu, PT KAI Daop 9 Jember juga menggratiskan tiket untuk perjalanan KA lokal Pandanwangi pada hari keberangkatan 17 Agustus 2019 dalam rangka memperingati HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dalam sehari, ada empat kali perjalanan KA Pandanwangi rute Jember-Banyuwangi (PP) terdiri dari 2 kali berangkat dari Stasiun Jember pada jam 05.15 dan 15.30 WIB dan berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada jam 10.00 dan 20.30 WIB," katanya.

Rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari enam kereta kelas ekonomi dengan total berjumlah 636 tempat duduk dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk KA lokal kapasitas angkut adalah 150 persen dari jumlah tempat duduk.

Baca juga: Rayakan HUT RI, KAI Daop 1 gratiskan tiket lima kereta lokal
Baca juga: Daop Surabaya siapkan tiket gratis sambut HUT RI, ini cara dapatkannya
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019