Kota Kinabalu (ANTARA) - Memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019, Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu mengundang warga negara Indonesia (WNI) untuk mengikuti upacara bendera 17 Agustus 2019.

Upacara yang akan dipusatkan di KJRI Kota Kinabalu ini diupayakan dirayakan sesemarak mungkin sehingga mengajak WNI berpartisipasi.

Undangan yang ditujukan kepada seluruh WNI tersebut, Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krisnha Djelani mengharapkan peran serta WNI yang berada di Negeri Sabah memgikuti upacara bendera.

Tujuannya, untuk memupuk rasa nasionalisme WNI walaupun berada di negeri orang. Sebab, kata Krisnha, peringatan HUT Kemerdekaan RI sangat penting untuk dirayakan guna mengenang detik-detik pembacaan teks proklamasi oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama Sukarno-Hatta.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kota Kinabalu digelar setiap tahun dengan melibatkan dan mengajak seluruh WNI baik yang berada di wilayah perkotaan maupun yang bekerja di ladang-ladang.

Adapun pakaian yang dianjurkan adalah pakaian nasional atau batik sebagaimana lazimnya upacara bendera HUT Kemerdekaan di Indonesia.

Krisnha mengharapkan, keterlibatan WNI di Negeri Sabah pada upacara tersebut semakin meningkatkan cinta tanah air dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang dalam mencapai kemerdekaan.

"Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Negeri Sabah selalu hikmad dan semarak tak jauh beda dengan perayaan di Indonesia sendiri," ujar dia.
Baca juga: Sabah butuh 200.000 pekerja asing
Baca juga: KJRI Kota Kinabalu imbau WNI waspada kelompok bersenjata di laut

Pewarta: Rusman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019