Jakarta (ANTARA) - Ribuan warga Indonesia yang ada di Bandar Seri Begawan mengikuti sholat Idul Adha 1440 H yang diselenggarakan Kedutaan Besar RI di Brunei Darussalam dengan khotib terkenal di Indonesia, Abdul Somad.

Lebih dari 1.600 Muslim Indonesia di Bandar Seri Begawan antusias hadir untuk menyambut Ustadz Abdul Somad, seperti disampaikan rilis KBRI Bandar Seri Begawan, Senin.

Dalam sambutan sebelum sholat Idul Adha pada pukul 07.00 pagi pada Minggu, 10 Zulhijjah 1440 H, atau 11 Agustus 2019, Duta Besar Indonesia untuk Brunei Dr. Sujatmiko menyatakan rasa syukur bahwa Ustadz Abdul Somad Batubara dapat hadir sebagai pengkhotbah.

Dubes Sujatmiko juga menegaskan kembali harapan agar masyarakat Indonesia akan terus bekerja dengan sungguh-sungguh, memelihara nama baik Indonesia, dan memastikan bahwa paspor serta visa mereka benar sesuai peraturan keimigrasian. 

Sementara itu, dalam khotbah Idul Adha, Abdul Somad menyampaikan tiga pesan utama, yaitu berbakti kepada orang tua kita, berkorban pada hari Idul Adha, dan menjaga ikatan persaudaraan antarsesama manusia.

Ustadz Abdul Somad juga mengimbau jamaah untuk sabar dan memaafkan sesama manusia sehingga dapat kembali kepada fitrah yang murni saat mereka dilahirkan.

Tabligh akbar dan perayaan Idul Adha yang diselenggarakan KBRI Bandar Seri Begawan juga bertujuan untuk menumbuhkan kerukunan masyarakat yang lebih luas di antara masyarakat Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam.

Selain itu, kunjungan Ustadz Abdul Somad yang juga menyampaikan khotbah di hadapan ribuan masyarakat Brunei di Masjid Rashidah Sa'adatul Bolkiah di Bandar Seri Begawan, diharapkan dapat memelihara persahabatan masyarakat kedua negara.

Kunjungan dua hari Abdul Somad di Beunei merupakan hasil kolaborasi antara KBRI Bandar Seri Begawan dan Dompet Dhuafa, sebuah organisasi nirlaba Indonesia yang memberdayakan masyarakat di sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan pembangunan sosial.

Baca juga: Menlu AS ucapkan selamat Idul Adha untuk umat Muslim

Baca juga: Masyarakat Muslim Indonesia di Davao City rayakan Idul Adha

Baca juga: Sholat Idul Adha di berbagai masjid di Kota London

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019