Haedar Nasir isi ceramah shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar

Haedar Nasir isi ceramah shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar

Masjid Agung Al-Azhar. (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH. Haedar Nasir akan mengisi ceramah dalam pelaksanaan shalat Idul Adha 1440 H di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan pada Minggu.

Rencananya Haedar Nasir akan mengangkat tema "Mengaktualisasikan Taqwa dan kebersamaan" dalam ceramahnya nanti.

"Insya Allah nanti shalat Idul Adha akan dimulai pada pukul 06.30 WIB setelah itu diisi ceramah dan langsung pemotongan hewan kurban," kata Staf Penerimaan Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Nizar, ditemui di kantornya, Sabtu.

Baca juga: Halaman kantor gubernur Sumbar jadi pusat shalat Idul Adha 1440 H

Baca juga: Untuk daging kurban, Pemkot Bogor imbau tak gunakan kantong plastik

Baca juga: Daop Surabaya siapkan 3 kereta tambahan antisipasi libur Idul Adha


Lebih lanjut, menurut dia, yang akan bertindak sebagai imam shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar adalah Achmad Khotib. Nizar mengatakan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Agung Al-Azhar akan dilakukan di area halaman masjid.

"Kita menggunakan lapangan dan itu biasanya bisa sampai area parkir belakang kalau dihitung bisa sampai 10 ribu jamaah," ungkapnya.

Pengurus Masjid Agung Al-Azhar juga telah mengantisipasi lonjakan jamaah yang akan datang untuk shalat Idul Adha pada Minggu (11/8).

"Tahun ini yang kita dapat info karena Pak Haidar ini kan Ketua Umum Muhammadiyah jadi kemungkinan jamaah tahun ini membludak," ujarnya.

Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah terkait masalah kebersihan sampah sisa koran atau alas yang digunakan para jamaah di area halaman masjid.

"Koordinasi kebersihan kita sudah bekerja sama dengan PPSU. Jadi untuk kebersihan setelah shalat biasanya ada koran-koran dan petugas kebersihan langsung membersihkan," imbuhnya.
Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019