Mataram (ANTARA) - Pemerintah Korea Selatan dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menjajaki kerjasama di bidang pertanian, terutama untuk mempromosikan potensi pertanian NTB.

Duta Besar Republik Korea, KIM Chang Beom saat bertemu Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah di Mataram, Jumat, menyampaikan akan membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB untuk mempromosikan sejumlah potensi yang ada, terutama potensi pertanian. Bahkan, ia merencanakan untuk membangun sister provinsi bidang pertanian, antara Provinsi Gangwon, Korsel dan NTB.

"Gangwon memiliki kesamaan dengan NTB. Di samping pariwisata, Provinsi ini sangat kuat potensi pertaniannya," ujarnya.

Untuk merealisasikan rencana kerjasama itu, Dubes Korsel dan Pemprov NTB akan melakukan pembicaraan, guna mendetailkan seluruh kebutuhan untum kolaborasi itu.

Selain bidang pariwisata dan pendidikan, Pemerintah Korea Selatan dan Provinsi NTB telah membangun kolaborasi dengan salah satu provinsi di Korea Selatan, terkait pariwisata. Yaitu Pulau Jezu yang terkenal dengan Ole Trailnya. Di NTB pun, Korea Selatan sudah mengembangkan hutan wisata yang ada di Bukit Tunak, Kabupaten Lombok Tengah.

Sementara di bidang Pendidikan, Pemprov NTB telah mengirim anak-anak NTB untuk belajar sekaligus mencari pengalaman kerja di negara tersebut. Mereka yang dikirim adalah tenaga perawat yang mengabdi di sejumlah dinas dan rumah sakit provinsi NTB.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan tugasnya adalah memfasilitasi para investor yang ingin bekerjasama dengan NTB. Karena itu, Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB menyambut baik kerjasama yang akan dilakukan kedua belah pihak.

"Perjalanan panjang, selalu dimulai dengan langkah pertama," jelas Doktor Zul.

Menurut Doktor Zul, banyak ide dan gagasan yang ingin dikerjasamakan Pemerintah Korea Selatan dengan NTB. Karena itu, Zulkieflimansyah berharap kerjasama keduanya tetap dipertahankan dan ditingkatkan.

"Insyallah ke depan banyak hal yang bisa dikolaborasikan bersama dengan Korea Selatan," katanya ditemani Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan dan Kepala Dinas Pariwisata NTB.

Baca juga: Dubes Korsel puji konsep wisata hijau NTB

Baca juga: BKPM : 17 investor asing lirik NTB

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019