Palembang (ANTARA) - PT Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan membentuk Satuan Tugas Idul Adha untuk mengamankan stok dan distribusi energi selama perayaan hari raya kurban tersebut.

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf di Palembang, Jumat, mengatakan satgas ini akan bertugas dari tanggal 9-13 Agustus 2019 untuk menjaga kelancaran distribusi mulai dari jenis gasoline (turbo, pertamax, pertalite) hingga gasoil (dex, dexlite).

“Tidak ingin mengganggu kekhidmatan ibadah Idul Adha, Pertamina membentuk satgas yang tugasnya menjaga distribusi dan keamanan stok energi,” kata dia.

Ia mengatakan satgas akan terdiri dari beberapa unsur mulai dari fungsi aviasi untuk avtur, gas domestik untuk LPG, retail fuel marketing untuk BBM, supply and distribution untuk kegiatan distribusi, serta dukungan fungsi lain siap menjaga ketahanan energi selama Idul Adha.

Rifky mengatakan bahwa terdapat peningkatan kebutuhan energi selama masa Satgas Idul Adha ini. Untuk BBM, diperkirakan ada peningkatan sekitar 2 persen untuk jenis gasoline (turbo, pertamax, pertalite) atau sekitar 113 kilo liter (KL), sedangkan jenis gasoil (dex, dexlite) kemungkinan akan turun 6 persen atau sekitar 315 KL dibandingkan konsumsi rata-rata hariannya.

“Untuk mengantisipasi kenaikan Gasoline, kami akan siapkan tambahan dan optimalisasi saluran distribusi mulai dari yang masuk ke terminal BBM sampai sarana distribusi ke SPBU,” kata dia.

Gasoil meski turun tetap disiagakan stoknya, ia melanjutkan, SPBU di jalur utama lintas Sumatera dan Tol Trans Sumatera stok BBM-nya akan disesuaikan untuk memastikan kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan penting lainnya adalah LPG, yang diperkirakan akan meningkat selama masa Idul Adha. Untuk LPG PSO subsidi 3 kg diperkirakan akan meningkat sekitar 5,1 persen dan LPG NPSO meningkat 8 persen dibandingkan konsumsi normal harian. Sementara secara total PSO dan NPSO, kenaikannya diperkirakan sekitar 5,4 persen.

“Kami akan menyiagakan seluruh depot LPG, agen, dan pangkalan LPG untuk tetap beroperasi dan melayani masyarakat,” kata Rifky.

Baca juga: Sambut Idul Adha, Pertamina pastikan stok LPG subsidi Sulawesi aman
Baca juga: Pertamina Sumbagsel siagakan ribuan agen dan pangkalan elpiji
Baca juga: Konsumsi elpiji 3 kg di Sumbagsel tembus tertinggi 730.000 tabung/hari

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019