Jakarta (ANTARA) - Pengelola Pasar Senen menyiapkan 875 buah besek bambu untuk dibagikan secara gratis bagi para pedagang pasar yang berkurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

“Kalau untuk teman-teman pasar yang melakukan kurban itu free. Jumlah besek setiap pasar di bawah Pasar Jaya itu variatif,” kata Manajer Area I Pasar Senen Perumda Pasar Jaya Muhammad Yamin Pane di Jakarta, Kamis.

Ia berkata, jumlah besek gratis yang disediakan untuk seluruh wilayah Pasar Jaya itu tergantung dengan jumlah hewan yang akan dikurbankan. “Di Pasar Senen Blok III dan Blok VI ada enam ekor sapi dan 11 ekor kambing kurban dari para pedagang sini,” ujar dia.

Juga baca: Besek mendadak diburu

Juga baca: 500 besek dibagikan gratis untuk kurban di Pasar Kramat Jati

Juga baca: Pasar Kramat Jati jual besek bambu khusus kurban mulai besok

Besek-besek bambu itu baru diambil petugas Pasar Senen hari ini dari Kantor Pusat PD. Pasar Jaya. Pantauan ANTARA, sejumlah bundel dan dua karung besar berisi besek bambu ditumpuk di depan pintu Kantor Pengelola Area I Pasar Senen.

Sementara itu, untuk masyarakat, Pasar Senen juga menyiapkan besek bambu berbayar seharga Rp2.000 per buah yang bisa dibeli di gerai Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 11 Agustus 2019, Gubernur DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan kantong plastik hitam dan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging kurban karena tidak ramah lingkungan dan tidak sehat.

Dari hal itu, dia menyarankan penggunaan besek bambu atau bahan-bahan lain yang lebih ramah lingkungan seperti pembungkus dari daun untuk daging kurban tersebut.

Pewarta: Suwanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019