Minggu, 22 Oktober 2017

Pemkab Pandeglang Terus Koordinasikan Reaktivasi Rel KA

id Pemkab Pandeglang Terus Koordinasikan Reaktivasi Rel KA
Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terus mengkoordinasikan reaktivasi rel kereta api dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Koordinasi terus kita lakukan dengan pihak-pihak terkait, termasuk Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Rabu.

Menurut dia, dari koordinasi dengan pihak PT Kereta Api Indonesia semua proses terkait reaktivasi berjalan sesuai jadwal.

Irna juga menyatakan telah menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan Pandeglang juga membantu proses reaktivasi jalur kereta api itu.

Bupati menjelaskan,  memang perlu tahapan-tahapan cukup panjang untuk mewujudkan reaktivasi itu, diantaranya kegiatan sosialisasi pada masyarakat menyangkut penertiban dan pembebasan lahan.

"Karena jalur kereta yang 'mati' saat ini masih dimanfaatkan oleh warga. Agar laju kereta bisa 60 km per jam harus ada pelebaran untuk jalur kereta dari yang sudah ada saat ini," ujarnya.

Berdasarkan laporan dari pihak PT Kereta Api Indonesia, tidak semuanya reaktivasi karena beberapa hal, salah satunya adalah harus bisa bersaing dengan moda transportasi darat lainnya, mengingat kereta api ini juga harus mengakomodisi perjalanan dan ketepatan waktu.

"Jadi kalau dibandingkan jalan raya, kalau kecepatannya lebih rendah tidak akan laku, sehingga ada perbaikan lengkung-lengkung supaya kecepatan kereta bisa seimbang dengan jalan raya," katanya.

Upaya menghidupkan kembali transportasi kereta api tidak mudah, dan biasanya ada saja kendala di lapangan. seperti  rel kereta api yang sudah rusak dan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar Riyadi menyatakan program reaktivasi rel kereta api dari Rangkasbitung, Kabupaten Lebak ke Labuan, Pandeglang sudah dipersiapkan.

"Semuanya sudah dipersiapkan, mulai dari rencana strategisnya sampai anggaran, jadi tinggal menunggu pelaksanaannya saja," katanya.

Ia menyatakan optimistis reaktivasi atau mengaktifkan kembali jalur rel kereta api dari Rangkasbitung, Kabupaten Lebak sampai Kecamatan Labuan, Pandeglang tepat waktu, targetnya dilaksanakan 2018.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga