Minggu, 22 Oktober 2017

Universitas Atma Jaya Resmikan Kampus III Di BSD

id Unika Atma Jaya
Universitas Atma Jaya Resmikan Kampus III Di BSD
Jumpa media terkait dengan peresmian kampus baru Unika Atma Jaya di Cisauk Kabupaten Tangerang Banten (ki-ka): Rektor Unika Atma Jaya A. Prasetyantoko, Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe, Ketua Tim Pembangunan Kampus III Unika Atma Jaya Lanny W. Pandjaitan, Sekretaris Yayasan Unika Atma Jaya Maria Ratnaningsih. (Antara Foto/ Ganet)
Melengkapi kampus di Semanggi dan Pluit, kampus BSD memiliki rasio 6,5 meter persegi per mahasiswa sehingga lebih leluasa untuk beraktivitas
Tangerang (Antara News) - Yayasan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya meresmikan kampus III di BSD City di Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten meliputi bangunan delapan lantai di atas lahan seluas 3,5 lantai sanggup menampung 3.500 mahasiswa.

"Ruang gerak mahasiswa lebih leluasa 6,5 meter persegi per orang, bandingkan dengan Kampus Semanggi sudah terlalu padat mencapai 1,5 meter persegi per orang," kata Rektor Unika Atma Jaya, A. Prasetyantoko di Kabupaten Tangerang, Selasa.

Prasetyantoko mengatakan, peresmian kampu baru ini sekaligus merupakan rangkaian peringatan HUT ke-57 Unika Atma Jaya yang memiliki akreditasi A, saat ini baru lima Perguruan Tinggi A yang meraih akreditasi A termasuk Unika Atma Jaya.

Kampus BSD, kata Prasetyantoko, didedikasikan sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia untuk konsentrasi S1 dengan perkuliahan dimulai pada 7 Agustus 2017 untuk program studi Teknik, Teknik Biologi, dan Hospitality and Tourism Management yang menempati dua gedung utama.

Saat ini di gedung tersebut telah dilengkapi fasilitas lengkap penelitian berupa laboratorium engineering design center, aerodinamika, mekanika eksperimental, dan laboratorium mikrobiologi dan DNA, ungkap Rektor.

Sedangkan untuk program studi  manajemen, akutansi, ilmu administrasi bisnis, ilmu komunikasi, pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi, Hukum dibuka kelas pararel di Semanggi dan BSD, mahasiswa dapat memilih di salah satu tempat tersebut, jelas Prasetyantoko.

Unika Atma Jaya  berdiri tanggal 1 Juni 1960 kini memiliki 21 program studi sarjana (S1) dan 11 program studi Pasca Sarjana, serta 4 program studi Profesi.

Lebih jauh Ketua Yayasan Unika Atma Jaya, Aswin Wirjadi mengatakan,  di atas lahan seluas 3,5 hektar rencananya juga akan dibangun asrama mahasiswa untuk memudahkan mahasiswa melaksanakan perkuliahan.

"Sementara ini, untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, pihak Yayasan telah memetakan lokasi yang cocok di sekitar lokasi kampus BSD. Selama ini di Kampus Semanggi banyak mahasiswa yang kos di sekitar Benhil dan Karet itu saja yang menjadi acuan kami," ujar Aswin.

Aswin juga mengatakan, pihaknya juga menyiapkan shuttle bus dengan rute Kampus BSD - Giant - Stasiun Komuterline Rawa Buntu BSD, sehingga akan memudahkan mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan.

Lebih jauh, Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe mengatakan, kehadiran Unika Atma Jaya akan melengkapi BSD City sebagai kota pintar khususnya dibidang pendidikan, sejalan dengan pengembangan proyek digital hub  sebagai "Silicon Valley" Indonesia.

Doni juga menyampaikan, kehadiran Unika Atma Jaya di BSD diharapkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang banyak bergerak dibidang teknologi, diharapkan juga perguruan tinggi dapat berkerja sama dalam pengembangan teknologi.

Terkait dengan transportasi, Doni mengatakan, BSD City sebentar lagi akan mengoperasikan intermoda Cisauk yang menghubungkan dengan stasiun bus Jakarta - BSD City dan stasiun komuterline Rawa Buntu, sehingga banyak alternatif pilihan menuju kampus.

Lebih jauh Rektor Unika Atma Jaya mengatakan, ke depan pihaknya akan terus memperkuat fasilitas penelitian dan laboratorium, orientasi kami setiap lulusan harus mampu berkerja di luar negeri. 

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga