Minggu, 22 Oktober 2017

Disparbud Kota Cilegon Siapkan Kegiatan Sambut HUT

id Cilegon Etnic Carnival
Disparbud Kota Cilegon Siapkan Kegiatan Sambut HUT
Ketua Tim Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Nelli Evalinda memperlihatkan salah satu busana modern kontemporer yang akan digelar pada Cilegon Etnic Carnival 29 - 30 April 2017. (Antara Foto/ Susmiatun Hayati)
Tampilkan parade busana modern kontemporer, pameran kreatif, dan Sail Krakatau untuk tarik wisata ke Kota Cilegon
Cilegon (Antara News) - Dinas Pariwisata dan Budaya Pemerintah Kota Cilegon tengah mempersiapkan sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Cilegon ke-18 yang dirangkai dalam rangka bulan kunjungan wisata yang rencananya akan diselenggarakan 29 - 30 April 2017.

"Kegiatan dikemas melalui Cilegon Etnic Carnival (CEC) dengan menampilkan pameran busana modern kontemporer yang mewakil pernak-pernik budaya se Nusantara," kata Ketua Tim Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon, Nelli Evalinda di Cilegon, Senin.

Kegiatan menurut Nelli tidak hanya parade busana saja, tetapi juga pameran kreatif, serta penyelenggaraan Sail Krakatau yang diselenggarakan untuk yang kedua kalinya.

Disparbud Kota Cilegon dalam penyelenggaraan ini akan bekerjasama dengan pihak swasta dan PHRI yang akan menawarkan paket kunjungan wisata berupa menikmati keindahan Gunung Anak Krakatau langsung dari atas Kapal.

Nelli mengatakan, pelaksanaan kegiatan yang sudah dimasukan dalam agenda pariwisata  nasional ini sengaja diadakan pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon, guna menargetkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan ke kota Cilegon yang bisa berdmpak pada peningkatan PAD kota Cilegon.

"Ya, tahun ini kami Disparbud Kota Cilegon kembali menggelar sejumlah event dalam rangka bulan kunjungan wisata kota cilegon bertepatan dengan HUT Kota Cilegon ke-18 tahun. Untuk tahun ini kita mulai merangkaikan sejumlah even seperti festival Cilegon Ethnic Carnival yang digelar di 29 April, dan sail krakatau yang dilaksanakan 30 April mendatang. semuanya kita gelar supaya ada peningkatan kunjungan wisatawan dan tujuan destinasi wisata tahunan di Kota Cilegon," Kata Nelli.

Untuk menyukseskan berlangsungnya kegiatan tersebut, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat juga mengaku telah berkerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk diantranya kementrian pariwisata.

Sementara itu, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, pihaknya berharap tak hanya berdampak pada kemajuan pariwisata di kota cilegon, lebih jauh kegiatan diharapkan dapat bernilai positif khususnya untuk mendongkrak pendapatan daerah dari sektor wisata, dimana hotel-hotel dipenuhi pengunjung, berkembangnya bisnis kuliner kota cilegon yang secara langsung berdampak positif bagi peningkatan PAD Kota Cilegon.

Dari kegiatan ini targetnya untuk pengunjung sail krakatau, kalau tahun lalu kita target 1200 wisatawan dan kenyataannya melebihi hingga 1700 orang, untuk tahun ini kita menyesuaikan dengan kapasitas kapal, diangka 1800 wisatawan lah," ujarnya optimistis.

Dan untuk target pengunjung pada pekan festival CEC nanti, pihaknya menargetkan pengunjung sekitar lebih dari 2000 orang, yang ditargetkan berasal dari wisatawan lokal, luar daerah hingga luar negeri.

Editor: Ganet

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga