Guna membantu meringakan korban banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kota Cilegon, lembaga swadaya masyarakat (LSM) DPD Laskar Merah Putih Kota Cilegon
lembaga swadaya masyarakat (LSM) DPD Laskar Merah Putih Kota Cilegon saat memberikan bantuan untuk korban banjir Cilegon. ANTARA/Susmiyatun Hayati
hingga pengusaha lokal Husen Saidan, Kamis (06/05), terjun langsung dengan menyalurkan bantuan berupa paket sembako hingga menurunkan alat berat untuk mempermudah evakuasi sejumlah jalur dan rumah warga yang tertimbun longsor akibat banjir, senin lalu.

Ditemui di lingkungan Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum Kota Cilegon, Husen mengaku sedikitnya membagikan 300 paket sembako kepada korban banjir,  untuk meringankan warga yang saat ini belum bisa beraktifitas karena masih harus membersihkan rumahnya. 

"Ini hanya bagian rasa peduli kita terhadap sesama untuk korban banjir terlebih saat ini sedang pandemi COVID-19. Kami memilih lokasi titik terparah, karena di lingkungan Kruwuk ini ada sekitar 80 rumah warga terendam banjir, jadi masyarakat nya belum bisa beraktifitas normal masih berupaya membersihkan rumah mereka," katanya.

Ketua RT 03/RW 07 lingkungan Kruwuk Nasehudin mengaku, hingga saat ini pemerintah baru mengerahkan BPBD dibantu PMI untuk melakukan evakuasi para korban, namun untuk bantuan sembako, pemerintah belum menyakurkannya kepada warga. 

"Sebenernya yang penting itu pemda bangun komunikasi dengan pihak Lotte karena kami sebelumnya tidak pernah kebanjiran separah ini, tapi ini terjadi parah karena resapan hilang. Kalau bantuan sembako Alhamdulillah datang dari kang Husen pengusaha lokal," tambah Naseh.

Sementara itu ditempat terpisah, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Laskar merah putih Kota Cilegon, Tatang Tarmizi yang memilih menyalurkan bantuan dengan menitipkannya kepada pihak kelurahan Gerem, juga mengerahkan sejumlah alat berat dan kendaraan untuk melakukan evakuasi pemukiman warga yang terisolir akibat musibah longsor. 

"Ya kami memilih menitipkan kepada pihak kelurahan agar diserahkan ke masyarakat. Kami juga sesuai permintaan pak lurah mengerahkan alat berat beko dan dam truk, untuk bisa membuka jalan dan membersihkan material tanah yang menutup jalan dan menimpa rumah warga," jelasnya.


Lurah Gerem Deny Yuliandi yang menerima simbolis bantuan tersebut juga berharap bantuan yang diberikan sejumlah pihak dapat membantu warganya. Pihaknya juga kedepan akan mengajukan perencanaan pembangunan temboh penahan tanah di sekitar lingkungan warga yang tinggal di daerah jalan perbukitan. 

"Kami sangat berterimakasih, ini sangat bermanfaat  untuk warga. Dan kedepan untuk mengantisipasi terjadinya longsor kami akan ajukan pembangunan tembok penahan tanah. Karena banyak rumah warga berdiri di bawah perbukitan," jelas Deny. sampai pengusaha kompak bantu korban banjir Cilegon.
 
lembaga swadaya masyarakat (LSM) DPD Laskar Merah Putih Kota Cilegon saat memberikan bantuan untuk korban banjir Cilegon. ANTARA/Susmiyatun Hayati

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020