Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan sebanyak 17.500 paket sembako untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak COVID-19.

"Untuk penyediaan 17.500 paket sembako ini, kami akan menggandeng tujuh retail besar yang ada di Pangkalpinang agar semua ikut terbantukan," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, tujuh retail yang digandeng untuk penyaluran sembako tersebut, antara lain Transmart, Acing Mart, Seperadi Mart, Alfa Mart dan Indomaret.

"Jadi untuk pengadaannya, kami meminta retail tersebut untuk menyiapkan bahan pokok yang diperlukan yang kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Paket sembako ini untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bulan puasa yang tidak sudah tidak lama lagi," katanya.

Maulan Aklil mengatakan, setiap retail akan disiapkan dana sebesar Rp500 juta yang dibuat dalam 2.500 paket, masing-masing paket berisi bahan pangan pokok senilai Rp200.000.

"Dalam pelaksanaannya pemkot akan menyiapkan uang muka sebesar Rp140 juta sampai Rp150 juta tiap retail dan sisanya akan dibayar pada bulan Juni 2020," katanya.

Setiap retail nantinya akan mendistribusikan ke satu kecamatan dan berkoordinasi dengan masing-masing kelurahan di kecamatan tersebut.

"Misalnya untuk Transmart akan mendistribusikan ke Kecamatan Gabek sesuai dengan wilayah retail itu berada. Kami harap bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020