Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Serang, Banten, Adde Rosi Khoerunnisa mengimbau seluruh relawan yang bertugas dalam penanganan COVID-19, agar memantapkan pengabdiannya kepada masyarakat.

"Mantapkan pengabdian semata karena Allah, gunakan identitas PMI saat bertugas, gunakan APD standar PMI, laksanakan tugas sesuai prosedur," kata Ade dalam keterangan tertulis yang diterima di Serang Banten, Rabu.

Ia juga meminta relawan memberikan edukasi kepada masyarakat dengan benar, tidak berkerumun sesuai anjuran Kapolresta Serang, koordinasi dengan Gugus Tugas Pemkot Serang, dan yang terpenting menjalankan komitmen dalam bertugas, tetap waspada dan jujur.

"Bangun komunikasi secara efektif namun tetap menjaga jarak, dan jangan lupa berdoa kepada sang Khalik sebelum dan sesudah bertugas,” tegasnya.

PMI Kota Serang terhitung sejak 27 hingga 31 Maret 2020 telah melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah wilayah Kota Serang, dengan sasaran fasilitas umum dan area publik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Gugus Tugas Pencegahan COVI19 Kota Serang maupun secara mandiri yang dilakukan serentak di enam kecamatan se Kota Serang.

Dengan jumlah relawan sebanyak 105 orang yang ditugaskan dan peralatan serta bahan yang terbatas, PMI Kota Serang berusaha semaksimal mungkin memenuhi permintaan instansi pemerintah, swasta dan masyarakat yang mengajukan permohonan penyemprotan disinfektan secara gratis.

Sasaran penyemprotan dilakukan pada terminal, alun-alun, rumah ibadah, sekolah, pukesmas, posyandu, dan kantor instansi yang ada di kecamatan masing masing yang dilakukan secara serentak.

Komandan Satgas Pencegahan COVID-19 PMI Kota Serang M. Suryaman menjelaskan selain pelayanan penyemprotan gratis, PMI Kota Serang juga melayani permohonan disnfektan gratis, edukasi dan konsultasi terkait Pencagahan COVID-19,

Selain itu kata dia, PMI juga menyediakan fasilitas pelayanan hotline dan perawatan keluarga pada pasien, serta melakukan bimbingan teknik penyemprotan disinfektan yang baik dan benar sesuai standar PMI, bagi instansi pemerintah maupun swasta dan masyarakat umum.




 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020