Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyatakan siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan Februari mendatang.

"Kami dari jajaran kabupaten hingga ketingkat desa siap mengawal dan menyukseskan Sensus Penduduk 2020," katanya saat peluncuran Sensus Penduduk 2020 di Lapangan Tenis Indoor Setda Kabupate Serang, Kamis (23/1).

Tatu juga merasa bangga dengan menjadi penyelenggara 'launching' pertama Sensus Penduduk 2020 se-Indonesia.

"Terimakasih atas kepercayaannya, ini adalah penghargaan bagi kami yang luar biasa, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar," ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga ia mengapresiasi Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Banten dan Kabupaten Serang yang senantiasa memandu jalannya kegiatan program di daerahnya.

Tatu mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Serang memiliki anggaran yang terbatas, sehingga harus teliti dalam membuat program-program agar efektif dan efisien.

"Karena Kami telah menetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) bahwa kami ingin meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM), karena itu menjadi prioritas kami supaya program yang dijalankan menjadi terukur ," katanya.

Ia menambahkan dengan arahan serta bimbingan BPS, Pemkab serang mendapat kemudahan sehingga dengan anggaran yang terbatas diharapkan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Terkait dengan Sensus "Penduduk Satu Data" menurutnya sangat diperlukan, karena dengan adanya perbedaan data baik ditingkat nasional, provinsi dan kabupaten sangat membingungkan daerah dalam membuat program.

Oleh karena itu dengan adanya program satu data ini diharapkan bisa lebih maju dengan menggunakan data-data yang kongkrit.

"Tentunya dengan satu data ini BPS akan memotret dan memantau di daerah masing-masing," ujar Tatu.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2020