Ratusan personel dan aparatur sipil negara (ASN) jajaran Polda Sumatera Utara melaksanakan shalat kusuf Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al Hidayah yang berada di dalam Markas Polda Sumut, Kamis.

Shalat Gerhana Matahari Cincin (GMC) tersebut dilaksanakan usai Shalat Dzuhur, diikuti para perwira menengah (Pamen), perwira pertama (Pama), Bintara Polda Sumut dan ASN dipimpin Al Ustadz Syamsul Yahya Panjaitan.

Ustadz Syamsul Yahya, usai Shalat GMC, dalam tausiahnya menyebutkan bahwa terjadinya GMC itu merupakan kehendak dan kebesaran dari Allah SWT.

Ia mengatakan, Allah Yang Maha Kuasa dapat membuat apa saja yang terjadi di muka bumi ini dan termasuk fenomena GMC yang terjadi pada Kamis siang..

"Melalui GMC ini, agar umat manusia dapat kiranya bertaubat dan melaksanakan segala ketentuan dalam ajaran Agama Islam dan meninggalkan segala larangan," ucap dia.

Syamsul juga mengatakan, Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan kepada ummatnya untuk melakukan shalat gerhana, karena hal itu merupakan ibadah bagi umat Islam.

"Mari kita perbanyak berdoa kepada Allah Yang Maha Besar, berzikir, istighfar, bersedekah, mohon ampun segala dosa, dan berbuat baik kepada seluruh umat manusia di muka bumi ini," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019