Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meninjau lokasi musibah kebakaran yang menimpa 14 rumah warga di Kampung Leuwidahu, Desa Bojong Menteng, Kecamatan Luewidamar yang terjadi pada malam hari pukul 01.00 WIB, Kamis (26/12/).

Iti menyebutkan dalam musibah itu ada kurang lebih 14 kepala keluarga yang rumahnya hangus akibat kebakaran tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa yang luka ringan tapi sudah ditangani oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Lebak," katanya di Lebak, Kamis.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kampung Leuwidahu yang telah bahu membahu dalam memadamkan kebakaran yang terjadi dini hari tersebut.

"Pemerintah daerah akan berupaya membantu merehabilitasi rumah-rumah penduduk yang terbakar, serta membantu kebutuhan pokok masyarakat pasca kebakaran, Insyallah sebelum akhir bulan ini melalui biaya stimulan, rumah-rumah yang terbakar akan segera dibangun kembali," jelas Bupati Lebak

Kebakaran tersebut terjadi akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga, dan api dengan cepat merambat ke rumah-rumah warga lain di sekitarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan berdasarkan informasi di lapangan, terdapat 15 rumah warga yang terkena dampak kebakaran, 14 rumah habis terbakar, dan satu rumah terbakar ringan.

Menurutnya, pihak BPBD Lebak telah menerjunkan 30 personil guna mengevakuasi kurang lebih 60 jiwa dari 15 rumah yang terbakar.

"Saat ini petugas BPBD Lebak tengah di lokasi mempersiapkan fasilitas kedaruratan dan kebutuhan pangan pasca kebakaran, seperti dapur umum, tenda evakuasi, dan kebutuhan pangan untuk pagi, siang, sore dan malam," terang Kaprawi.

Selain dari BPBD, Dinas Kesehatan juga menerjunkan tim medis dengan membuka posko kesehatan bagi masyarakat korban kebakaran, dan juga para relawan-relawan yang turut menyalurkan bantuan.

Pewarta: Lukman Hakim/Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019