Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tangerang Selatan mengumumkan peserta konvensi Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020 yang lolos seleksi administrasi, dari 27 peserta terhitung 18 Peserta yang lolos  pada tahap selanjutnya.

“Setelah melewati seleksi berkas administrasi yang ketat, kami meloloskan 18 orang dari Kota Tangerang Selatan,” kata Ketua Panitia Konvensi Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020 PSI Tangerang Selatan, Bima Januri, Jumat Sore (21/12)

Bima menuturkan, ada 27 pendaftar konvensi di Kota Tangerang Selatan. Namun dari hasil seleksi administrasi, hanya 18 kandidat yang dinyatakan memenuhi syarat. 

Mengenai latar belakang kandidat, Bima menyebut para kandidat datang dari lintas kalangan dan profesi. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah putri Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah.

“Latar belakang kandidat beragam, sebagai contoh yang lolos seleksi administrasi Konvensi Pilkada Tangsel diisi dengan berbagai latar belakang, seperti pengusaha galon, pensiunan, aktivis, peneliti dan dosen, CEO, Sekda Tangsel, juga putri dari Wakil Presiden KH Maruf Amin,” papar Bima.

Dari internal PSI, ada nama Azmi Abubakar, Kokok Dirgantoro, dan Mikhail Gorbachev Dom.

Sementara itu Ketua DPD PSI Tangerang Selatan, Andreas menyatakan, konvensi ini adalah upaya PSI untuk mencegah korupsi. Menurutnya, kasus korupsi yang selama ini kerap membelenggu kepala daerah terus terjadi karena proses pencalonan mereka dilakukan dalam ‘ruang-ruang gelap’ dan melibatkan “mahar” yang besar. 

“PSI percaya akar permasalahan korupsi kepala daerah adalah proses rekrutmen parpol yang tertutup, eksklusif, dan nepotis,” kata Andreas.

Setelah ini, konvensi akan memasuki tahapan wawancara pada 18-19 Januari 2020 yang akan disiarkan live di media sosial. seleksi wawancara bakal melibatkan juri independen yang terdiri dari sejumlah tokoh seperti Mari Elka Pangestu, Hamdi Muluk, Faisal Basri, Sarwono Kusumaatmadja, mantan komisioner  KPK Bibit Samad Rianto, dan sejumlah nama lain.

Pewarta: Fadzar Ilham

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019