Menghadapi Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten berkomitmen untuk mengoptimalkan ketersediaan pasokan listrik kepada pelanggan, dan menyiagakan petugas di lapangan selama hari besar dan libur tersebut berlangsung. 

Masa siaga yang diterapkan PLN UID Banten dari tanggal 24 hingga 26 Desember untuk hari Raya Natal dan 31 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 untuk Tahun Baru, kata General Manager PLN UID Banten Doddy B. Pangaribuan usia acara Apel Gelar Peralatan dan Kesiapan Pasokan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Alun-Alun Kota Serang, Banten, Jumat (20/12).

Apel siaga itu tujuannya untuk memastikan kesiapan Petugas PLN baik dari sisi personel dan kelengkapannya, peralatan serta kendaraan, kata Doddy seraya menambahkan apel itu dihadiri oleh 209 Petugas Pelayanan Teknik gabungan dari seluruh PLN UP3 di Banten, PDKB dan SCADA.  

Doddy menyebutkan petugas PLN yang dilibatkan selama hari besar tersebut sebanyak 1.260 orang dengan rincian jumlah Petugas Pelayanan Teknik 770 Orang, Petugas Deteksi 19 Orang, Petugas Operasional GI sebanyak 184 Orang, Petugas Cadangan 55 Group, Kendaraan Mobil 77 Unit dan Motor 57 Unit, Pegawai PLN 287 Orang dan 16 titik Posko dengan Pelayanan siaga 24 jam serta cadangan peralatan bantu seperti UGB, UTB, Genset, UPS, UKB Deteksi sebanyak 54 unit dan Tim Reaksi Cepat 28 Unit.

Dari segi pasokan listrik Wilayah Banten, ia mengatakan dalam keadaan aman dengan prognosa Data Beban saat siaga di Natal 2.482 MW dan di Tahun Baru 1.793 MW yang mengalami penurunan sekitar 30 persen dari beban puncak PLN UID Banten sebesar 3.708 MW.

Sehubungan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru yang selalu disemarakkan dengan kembang api, petasan dan sebagainya,  atau media-media promosi seperti umbul-umbul, baliho dan lain-lain, Doddy mengimbau agar memperhatikan lokasi bermain kembang api atau pemasangan media promosi agar tidak dekat atau berjarak dengan kabel atau jaringan dan asset PLN lainnya untuk menghindari terkadinya risiko kebakaran, keseterum demi keamanan bersama.

Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, Instagram pln123_official.

Penjagaan Ketat Objek Vital

Khusus untuk objek vital seperti Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak dan lainnya, pihaknya secara rutin melakukan simulasi, dan khusus untuk Natal dan Tahun Baru, PLN bekerjasama dengan Polda Banten dan Mabes Polri karena sekitar wilayah tersebut rawan keamanan.
 
Apel Gelar Peralatan dan Kesiapan Pasokan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Alun-Alun Kota Serang, Banten, Jumat (20/12) l

"Pasokan listriknya disediakan gardu berbeda, sehingga bila pasokan utama putus, maka cadangan kesatu siap menggantinya, begitu juga bila cadangan kesatu bermasalah, maka cadangan kedua disiapkan sampai ke cadangan ketiga," kata Doddy.

Banten yang tidak hanya sebagai lalu lintas mudik dari Sumatera ke Jawa, juga tempat tujuan wisata seperti Anyer, Pandeglang, Tanjung Lesung dan Pantai Bayah, harus selalu dalam ketersediaan pasokan listrik, agar masyarakat yang saat menikmati liburan tidak terganggu dengan ketersediaan penerangan listrik, kata Doddy.

"Pokoknya PLN siap dengan segala risikonya untuk membantu masyarakat yang sedang melaksanakan perayaan Natal, dan yang menikmati liburan akhir tahun, dan petugas kami siap dilapangan membantu warga," katanya.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019